Martabak Tropica,Martabak Manis Paling Enak di Bandung

Ngomongin soal martabak Manis Paling Enak di Bandung-siapapun pasti tahu dong kalau Bandung memang surganya kuliner. Selain siomay dan batagor yang sudah termasyur ke seantero Nusantara. Martabak menjadi icon kuliner yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Banyak sekali penjual martabak yang enak dengan bentuk yang beragam di Bandung, ada martabak asin, martabak tipis kering, martabak bolu, sampai martabak black ada di kota ini. Salah satu gerai martabak kota kembang yang sangat terkenal dengan inovasi rasanya adalah martabak manis Tropica. Sehingga ahli kuliner sekelas bondan Winarno tergila-gila dengan sajiaan martabak yang terletak di jantung kota Bandung ini. Pak Bondanpun berbagi tips bagi pelaku bisnis kuliner, apa sebetulnya poin utama dari food tasting. Yang pertama adalah mata ; dari mata kita bisa melihat outlook, plating, warna, dan bentuk makanan. Yang kedua adalah hidung ; melalui penciuman bisa dinilai seberapa menggugah makanan yang tersaji. Yang ketiga adalah indera pengecap ; justru malah indera pengecap adalah hal yang terakhir karena merupakan hasil visualiasi dari apa yang dilihat dan dicium.
Kalau ditanya apa yang menjadi kelebihan Martabak Tropica dibanding pesaingnya? Tentunya selain tempatnya nyaman dan strategis, proses pembuatannyapun hiegenis, menggunakan bahan baku yang berkualitas dan tanpa bahan pengawet. Ulasan ini juga dilansir kulinerakut.wordpress.com, berikut ulasan mereka tentang kelebihan Martabak Tropica:
  1. Dengan konsep open kitchen,  bisa terlihat bahwa dapurnya sangat bersih.
  2. Adonan tidak diaduk dengan tangan / alat manual, tetapi dengan mixer yang dirancang khusus sehingga lebih homogen dan higienis
  3. Butter, margarin, susu kental manis, dan topping yang dipakai memakai brand yang ternama sehingga rasa yang enak dan berkualitas.
  4. Nomor antrian teregister secara computerized di kasir sehingga service dan waktu pengerjaan lebih teratur
  5. Kedai ini memiliki area untuk dine-in walaupun tidak luas, sehingga martabak tidak selalu identik dengan makanan takeaway. Tempatnya cukup nyaman, bahkan saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi.
  6. Dari semua varian yang tersedia dan aneka topping yang bisa dipilih, poin utama dari sajian martabak terletak di adonannya. Rasanya enak, tekstur adonan martabak Tropica  fluffy / empuk, timing pengolahannya pas, penggunaan butter, margarin, dan susu kental manisnya tidak berlebihan, dan aromanya sangat wangi.
  7. Packagingnya menarik dengan  dus yang sudah memiliki standar food grade tahan panas.
  8. Kreasi dan inovasinya patut diacungi jempol karena selalu menjadi pionir dalam menyediakan jenis martabak terbaru di kota Bandung.
  1. Saat memesan, kita akan diberikan dua pilihan ukuran, M (middle) atau L (large). Yang M hanya bisa untuk enam topping, sedangkan L bisa dekapan topping. Saya pilih yang L karena untuk di makan sekeluarga. Buat yang menyantap di tempat kebayakan memilih ukuran M. Ada banyak pilihan untuk topping, jadi sebaiknya baca hati-hati dulu untuk memilih topping. Mungkin yang manis banget, bisa diselingi dengan yang gurih seperti keju atau kacang (tanah dan mete). Topping yang menjadi favorit, adalah Tobleron, Nutella, serta Skippy, Nutella, Nutella Keju, Nutella Mede, Tobleron, Tobleron Keju, Tobleron Mede, Skippy (Selai Kacang), Skippy Kismis, Skippy Cokelat, dan Skippy Cokelat Ketju. 

Dengan konsistensinya dalam menjaga rasa dan kualitas, kedai ini tampak semakin ramai dikunjungi penikmat martabak, tidak hanya customer baru tetapi banyak pelanggan lama yang repeat order untuk menikmati Martabak Tropica. Kedai ini pun banyak diliput oleh rekan media dan blogger yang antusias untuk mengulas secara lengkap tentang profil Martabak Tropica. Selain rekan pers, seorang food reviewer senior di Indonesia pun sudah berkunjung ke Martabak Tropica untuk mencicipi dan memberi feedback dari beberapa varian menu yang ada.
Berikut adalah beberapa variant yang menjadi andalan Tropica :

Martabak Tipis Kering

Buat yang nggak begitu suka manis, biasanya martabak tipis kering jadi pilihan. Adonannya nggak setebal martabak biasa dan teksturnya mirip crepes tapi lebih tebal & crunchy waktu dimakan. Favorit kami, martabak tipis kering dengan rasa keju atau cokelat kacang. Nah hasil akhir dari martabak tipis kering seperti ini:

Martabak Pizza

Martabak yang paling susah dibikin adalah martabak pizza soalnya perlu ketrampilan dan harus telaten saat membuatnya. Jika adonan martabak biasanya dilipat kemudian dibagi dua, martabak pizza ini nggak dilipat dan dipotong menjadi 8 bagian kemudian ditambahkan topping diatasnya.
Ada dua macam ukuran yang bisa kamu pilih, Large 8 slice atau Medium 6 slice. Pilihan Topping martabak pizza di Martabak Tropica ada banyak, mulai dari yang hits kekinian seperti nutella, hershey’s, toblerone, kitkat greentea, sampai durian juga ada. Bisa jadi pilihan untuk kamu yg sering berantem menentukan topping martabak
Oyah, based dari martabaknya bisa pilih mau original, red velvet, greentea, atau black. Tapi untuk rasa selain original ada additional sebesar 15ribu.

Martabak Greentea

Ini dia martabak yang paling dicari tahun lalu, martabak dengan based greentea! Sampai sekarang, greentea masih punya penggemar fanatik Punya kami ini martabak greentea keju. Kelebihan lain dari martabak tropica, teksturnya lembut dan empuk banget. Mungkin karena mengaduknya pake mesin. Nah buat kamu yang kekinian, selain martabak greentea disini juga ada martabak red velvet dan taro juga.

Martabak Black Sweet

Setelah tahun lalu si Hijau (baca: Greentea) laku keras di Bandung, sekarang bagian si Hitam yang lagi banyak penggemarnya. Pertama kali tau ada Martabak Black di Tropica, kami mengira si hitam ini martabak biasa yang adonannya memakai charcoal. Ternyata, si hitam ini rasa kopi! Ada wangi kopi begitu martabaknya disajikan. Punya kami ini Black Sweet Keju, ada rasa manis, pahit, bercampur dengan aroma kopi yang harum.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.