Bugar Beraktifitas Sepanjang Hari Dengan Yang Alami, Kenapa Nggak ?


Beberapa waktu lalu si sulung mengalami sakit yang tidak diketahui penyebabnya. Setelah sekian lama berobat dan tak juga menemukan kejelasan, saya dan suami memutuskan untuk membawanya ke sebuah klinik pengobatan alternatif yang ternyata tak jauh dari rumah kami. Mungkin sekarang, Tuhan berkenan mengambil penyakit anakku, pikir saya dengan optimis. Terima kasih pakde google atas infonya ya... 

Tanpa mantra-mantra atau ritual khusus. Bukan juga dengan air yang dicipratkan, pengobatan oleh ahli herbal ini asli menggunakan ramuan yang berasal dari tanaman obat. Alhamdulillah, di luar dugaan, hanya dalam waktu 2 pekan, saya merasakan perubahan sulung yang sangat nyata. Menghilangnya ketakutan saya akan bahaya terhadap obat-obatan kimia yang selama ini dia konsumsi. Memberikan secercah harapan akan masa depannya yang sempat suram. Bangganya lagi, betapa Indonesia, selama berabad-abad menyimpan kekayaan perut bumi yang sangat menakjubkan.

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) merupakan bagian dari kekayaan asli Indonesia dan banyak tersebar di Pulau Jawa, Madura, Maluku, dan Kalimantan. Tanaman ini tergolong dalam suku temu-temuan (family Zingiberaceae). Pada mulanya temulawak banyak tumbuh liar di hutan-hutan jati, di tanah kering, tegalan, maupun padang alang-alang, tetapi karena penggunaannya yang semakin meluas maka tanaman ini juga banyak dibudidayakan di kebun maupun pekarangan rumah. Bagian tanaman temulawak yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian umbi batang. Umbi batang ini dinamakan juga rimpang atau umbi akar. Bagian pinggir penampangnya berwarna kuning muda, sedangkan bagian tengahnya berwarna kuning tua, memiliki aroma tajam dan rasa yang pahit.

Khasiat dan manfaat temulawak untuk kecantikan wajah anda
beragam manfaat temulawak http://tatacream.com
Walaupun terkesan sepele, menurut banyak penelitian, temulawak memiliki kandungan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan khasiat  kunyit lho. Rimpang temulawak segar mengandung air sekitar 75%. Selain itu rimpang temulawak juga mengandung minyak atsiri ( volatil oil ), lemak ( fixed oil ), zat warna/pigmen, protein, resin, selulosa, pentosan, pati, mineral, zat-zat penyebab rasa pahit dan sebagainya. Dari segi kandungan kurkumin misalnya, temulawak punya persentase 68 persen kurkumin. Sedangkan kunyit hanya memiliki 47 persen kurkumin. Kunyit saja sudah diakui sangat berkhasiat bagi kesehatan, apalagi temulawak. Di Aceh, temulawak dikenal dengan nama kunyit ketumbu, rimpangnya digunakan dalam ramuan untuk penambah darah, atau untuk mengatasi malaria. Masyarakat etnis Sakai di Bengkalis, Riau, menggunakan rimpang temulawak  untuk penambah nafsu makan, sedangkan masyarakat Sunda menggunakan rimpang temulawak untuk mengobati sakit kuning dan mengatasi gangguan perut kembung. Masyarakat etnis Bali menggunakan rimpang temu lawak untuk mengatasi gangguan lambung perih dan kembung, sedangkan masyarakat etnis Madura menggunakan rimpang temulawak sebagai obat keputihan.

Berikut beberapa manfaat temulawak beserta cara meramunya :

Nafsu makan
Curcuma atau temulawak selama ini banyak dikenal masyarakat sebagai penambah nafsu makan anak-anak. Bahkan beberapa suplemen makan anak mengandung curcuma sebagai komposisi utamanya. Andapun bisa membuat sendiri suplemen temulawak untuk si buah hati. Mudah dan tentu saja lebih aman. Caranya: 20 g temulawak, iris tipis-tipis, 10 g asam jawa, 30 g gula enau. Rebus semua bahan dalam 250 cc air mendidih selama 15 menit, saring, bagi dua bagian. minum sehari 2 x  diantara waktu makan.

Memelihara Kesehatan Hati
Pada temulawak, terkandung zat berguna bagi tubuh seperti kurkumin yang memiliki khasiat alami sebagai antiinflamasi (antiradang) dan antihepatotoksik, yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati (liver) karena kandungan kolagoga. Kolagoga inilah yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu. Caranya : 25 g temulawak segar, dibakar kemudian diparut lalu peras dengan segelas air hangat. Seduh pagi dan sore hari 

Mengurangi Radang Sendi 
Temulawak memiliki daya antiinflamasi yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh. Kurkumin ini nantinya akan menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin (PGE2). Menurut studi, pasien yang mengkonsumsi kurkumin menunjukkan berkurangnya rasa sakit akibat radang sendi atau arthritis tanpa efek samping yang berarti. Caranya : 60 g temulawak segar, dibakar kemudian diparut lalu diperas dengan 2 gelas air hangat. Seduh pagi dan sore hari

Menjaga Fungsi Lambung
Manfaat temulawak yang lain adalah melancarkan proses pencernaan. Kandungan zat dalam temulawak diketahui mampu merangsang produksi empedu yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Tak ayal, temulawak mampu membantu penderita yang mengalami berbagai gangguan pencernaan, termasuk kembung, gas dan dispepsia. Caranya : 2 g serbuk temulawak atau 8 g temulawak segar, seduh dengan segelas air hangat, diminum sebelum makan. 

Menurunkan Lemak Darah
Fraksi kurkuminoid atau ekstrak temulawak memiliki khasiat kesehatan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total. Khasiat temulawak menurunkan kolesterol atau lemak darah tentu saja juga berdampak baik untuk kesehatan jantung serta sistem kardiovaskuler dalam tubuh. Di samping itu ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dalam menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Caranya : 25-50 g temulawak iris tipis-tipis jemur sampai kering. Setelah kering, didihkan temulawak dalam 200 ml air hingga diperoleh 100 ml air rebusan, minum pagi dan sore hari. Atau rebus 300 g ekstrak kering temulawak yang sudah jadi, diminum sehari dua kali. 

Herbadrink Temulawak, Teman Sehat Di Kala Rehat 

Menjalani rutinitas sebagai ibu rumah tangga tentu saja membutuhkan stamina yang prima.  Sejak pagi buta ketika seisi rumah masih lelap, setumpuk pekerjaan sudah siap menanti. Tanpa Asisten rumah tangga lelah sudah pasti terasa. Apalagi duo krucil masih membutuhkan perhatian ekstra. Lengah sedikit, bahaya mengintai di depan mereka. Beberapa kali sempat terjadi insiden karena ulah si adek yang lagi aktif-aktifnya mencoba segala hal. Untuk mengurangi rasa bosan, berenang menjadi rutinitas yang kami lakukan bersama di kala senggang. Jelang sore, beberes rumah, temani anak-anak belajar dan nonton TV mengantar waktu istirahat mereka.

So, siapa bilang jadi ibu rumah tangga itu mudah..? Jangankan belanja ke mall, salon, arisan. Bisa rehat sejenak saja sambil ngemil cilok favorit buatan sendiri saja nikmatnya selangit. 

Quality time untuk diri sendiri? Sudah pasti harus ada. Menulis. Ya, menulis menjadi aktifitas menyenangkan bagi saya ketika anak-anak sudah lelap. Lewat untaian bait-bait kata dunia tak lagi terasa sempit. Dengan menulis, rasa lelah, bosan, strees setelah seharian beraktifitas menguap entah kemana. Sejujurnya, sulit saya membagi waktu malam diantara sisa tenaga. Tapi mau gimana lagi. Saat-saat sunyi itulah ide mengalir dengan deras tanpa ada gangguan. Apalagi jika sedang dikejar deadline. Pikiran harus fokus. Bisa-bisa lewat dini hari mata baru bisa diajak rehat. Padahal seperti kata pak Haji Rhoma, kebiasaan begadang tidak baik untuk kesehatan. Karena daya tahan tubuh bisa menurun disebabkan sistem imun yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi berbagai agen (bakteri, virus, jamur, dan parasit) tidak bekerja secara maksimal. Walaupun  badan sering terasa lemas, kepala pusing, bersyukur sampai saat ini saya tidak mengalami gangguan kesehatan serius.

Untuk menjaga badan agar tetap fit dan tidak mudah loyo, saya rutin menkonsumsi suplemen ekstra yang bisa menambah stamina saya, sehingga paginya saya bisa beraktifitas normal kembali. Tapi jangan salah, suplemen yang saya minum bukan sembarang suplemen. Suplemen andalan saya adalah jamu-jamuan tradisional termasuk temulawak. Selain itu  makan dalam porsi sedikit, atur waktu buat istirahat di tengah kesibukan, adalah cara saya menjaga badan tetap bugar sepanjang hari. Soal minum  jamu, selain mewarisi kebiasaan sehat orang-orang jaman dulu, harganya yang murah, mudah didapat dan yang terpenting tentu saja jauh lebih aman dibandingkan minum-minuman berenergi atau suplemen kimia penambah stamina yang efeknya bisa berbahaya jika terlalu sering di konsumsi. Anak-anak juga saya biasakan untuk mencintai jamu, warisan turun temurun leluhurnya. Dengan menerapkan pola hidup sehat serta rutin minum jamu tradisional, imunitas kami sekeluarga tetap terjaga meskipun cuaca kerap berubah-ubah.

temulawak, kunci suruh, kunyit asam: suplemen alami keluarga (dok.pri)
Menurut data klinis, kandungan bahan aktif (xanthorrhizol) pada temulawak telah diketahui memberikan manfaat dalam penekanan peradangan yang menjadi salah satu penanda peningkatan sistem imun. Mekanisme pertahanan pada sistem ini meliputi pemusnahan mikroorganisme yang berhasil memasuki tubuh, sedangkan mekanisme homeostatisnya meliputi pemusnahan berbagai sel yang rusak. Beruntung, sekarang telah tersedia Herbadrink Sari Temulawak sugar free, minuman serbuk instant berbahan temulawak yang bermanfaat menjaga imunitas tubuh. Herbadrink diproduksi secara modern, higienis serta tanpa bahan pengawet. Kemasan sachetnya praktis dibawa kemana-mana, bisa diminum hangat maupun dicampur segelas air dingin. 

menulis jadi bersemangat ditemani segelas herbadrink temulawak (dok.pri)





cilok favorit ditengah rehat ehmm yummy... (dok.pri)

Pertama kali nyobain Herbadrink Sari Temulawak hmm...rasa segarnya langsung terasa dibadan. Aromanya juga kuat, menandakan Herbadrink temulawak terbuat dari ekstrak temulawak asli. Dan satu lagi keunggulannya. Rasa manisnya pas tidak berlebihan, karena memang herbadrink temulawak sugar free mengandung pemanis buatan Sukralosa, yakni pemanis buatan tanpa kalori. Sukralosa tidak memiltiki efek pada metabolisme karbohidrat, kontrol glukosa darah jangka pendek maupun panjang, ataupun pelepasan insulin. Sukralosa diperbolehkan penggunaannya pada makanan dan minuman di hampir 80 negara termasuk Indonesia dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga saya tidak khawatir memberikan Herbadrink Temulawak sugar free kepada anak-anak. Herbadrink Sari Temulawak cocok diminum pekerja, olahragawan atau ibu rumah tangga seperti saya yang membutuhkan tenaga ekstra serta daya imunitas tinggi.

rasa manis herbadrink temulawak aman diminum anak-anak (dok.pri)
Minum jamu temulawak sekarang tak perlu capek-capek lagi kepasar atau menunggu mbak-mbak penjual jamu datang. Dengan Herbadrink Sari Temulawak, aktifitas seharian lancar, imunitas terjaga, menulispun jadi bersemangat lagi. Herbadrink, Be Herba, Be Healthy!












 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.