MARIMAS BIKIN ADEM, TIDAK BIKIN BATUK

 Gambar terkait

Marimas Bikin Adem, Tidak Bikin Batuk. Seiring dengan berkembangnya tekhnologi, buah tidak hanya bisa dikonsumsi secara segar tetapi dapat juga dikonsumsi dalam bentuk sari buah. Sari buah dapat didefinisikan sebagai sari yang diperoleh dari buah dengan melalui proses, mekanik serta memiliki citarasa yang sama dengan buah aslinya.saat ini produksi minuman sari buah banyak beredar dipasaran dalam berbagai bentuk kemasan baik tetrapack, botol maupun dalam bentuk serbuk sachat. Dengan warna-warni menarik tentu dan berbagai variant rasa yang menggoda tentu saja akan menarik minat konsumen khususnya anak-anak. Tentu saja kita harus selektif memilih produk minuman sari buah.

Minuman serbuk yang telah diolah dalam penyajian bentuk bubuk (instan) merupakan suatu alternatif yang baik untuk menyediakan minuman menyehatkan dan praktis. Permasalahan yang umum terjadi pada pembuatan bubuk instan adalah kerusakan akibat proses pengeringan yang umum ya memerlukan suhu pemanasan tinggi (lebih 60C) seperti hilang atau rusaknya komponen flavor serta terjadinya pengendapan pada saat bubuk dilarutkan dalam air, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut perlu menggunakan metode pengeringan yang baik dan penggunaan bahan penstabil yang berfungsi melapisi komponen flavor serta mencegah kerusakan komponen-komponen bahan akibat proses pengeringan. Keuntungan dari suatu bahan ketika dijadikan minuman serbuk adalah mutu produk dapat terjaga dan tanpa pengawet. Semua hal tersebut dimungkinkan karena minuman serbuk instan merupakan produk dengan kadar air yang cukup rendah yaitu sekitar 3-5%. Melalui proses pengolahan tertentu, minuman serbuk instan tidak akan mempengaruhi kandungan atau khasiat dalam bahan Penyajian minuman instan tak lagi memerlukan penyeduhan dengan air mendidih, namun cukup dengan air suam-suam kuku atau bahkan dengan air dingin. Pembuatan produk pangan secara instan mempermudah dalam penyajian, transportasi maupun masalah penyimpanan. Pada minuman instan dalam kemasan jumlah air dikurangi sehingga mutu produk lebih terjaga dan tidak mudah kotor serta terjangkit bibit penyakit.  

PT. Marimas Putera Kencana adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi makanan dan minuman (Food and Beverage) dengan produk utama adalah minuman serbuk. Kantor pusat PT. Marimas Putera Kencana berlokasi di Kawasan Industri Candi Gatot Subroto Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Berawal dari perusahaan home industri yang awalnya dikelola dengan sistim manajemen keluarga saat ini telah berkembang menjadi perusahaan berskala nasional dengan distribusi produk meliputi seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Bermodalkan visi perusahaan “menjadi produsen minuman serbuk rasa buah nomor satu di pangsa pasarnya”, PT. Marimas Putera Kencana senantiasa melakukan pengembangan inovasi rasa guna memenuhi selera konsumen yang beragam. Marimas merupakan minuman serbuk buah pilihan asli Indonesia dengan 26 varian rasa yang kaya vitamin dan mineral. Produksi minuman serbuk berbahan baku utama gula ini,seluruhnya dilakukan oleh PT. Marimas Putera Kencana dengan menggunakan mesin serta peralatan yang selalu dijaga kebersihan dan kehigienisannya. Tahapan-tahapan proses produksi Marimas meliputi penggilingan gula, pencampuran gula dan powder, serta pengemasan Marimas ke dalam sachet hingga ke dalam karton. Konsistensi kualitas Marimas yang terus dipertahankan oleh PT. Marimas Putera Kencana dari waktu ke waktu berhasil menjadikan Marimas sebagai salah satu produk yang tetap diminati masyarakat Indonesia.

Marimas tidak bikin batuk karena bahan baku yang digunakan dalam pembuatan Marimas sangat aman yaitu gula, asam sitrat, pewarna, dan pemanis buatan. Gula merupakan bahan baku utama dalam pembuatan minuman serbuk. Gula yang digunakan yaitu gula rafinasi yang dihasilkan dari proses pengolahan gula kristal mentah (GKM) (SNI, 2006). Gula rafinasi tidak berbau dan berbentuk kristal putih. Warna dan bau gula berpengaruh terhadap kenampakan dan flavor produk yang dihasilkan. Tujuan penambahan asam sitrat yaitu untuk mempertegas rasa serta menutupi after tast eyang tidak diinginkan pada produk. Pada proses pembuatan Marimas juga menggunakan pemanis, yaitu siklamat dan aspartam untuk meningkatkan tingkat kemanisan produk.

Untuk peningkatan dan mengendalikan konsistensi mutu PT. Marimas Putera Kencana telah menerapkan Quality Managament System ISO 9001 : 2000 yang telah disertifikasi oleh Badan Sertifikasi dari Australia dan saat ini sedang dalam tahap penerapan ISO 22000. Semua produk PT. Marimas Putera Kencana telah mendapatkan Sertifikasi  Halal dari Majelis Ulama Indonesia dan terdaftar pada Badan Pengawas Obat Dan Makanan sehingga marimas aman diminum setiap hari 


Marimas telah tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia, meliputi wilayah Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Nusa Tenggara, Bali, dan Sulawesi. Marimas juga berhasil mencuri hati konsumen di luar Indonesia yang menyebabkan produk ini juga diekspor ke berbagai negara, seperti Nigeria, Bangladesh, Filipina, Uni Emirat Arab, serta masih terus diusahakan untuk diekspor ke negara lain. Dengan kemasan praktis yang mudah disimpan, seperti dalam kaleng, plastik, atau kertas karton, Marimas dapat dibuat secara mudah hanya dengan menambahkan air, kemudian diaduk dan siap untuk dinikmati sehingga cocok untuk segala suasana dan praktis dibawa kemana saja. 




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.