Bersama TM Agung Podomoro, Saatnya Wirausaha Unjuk Gigi di Negeri Sendiri


Ekonomi Melemah, UKM Harus Tetap Produktif dan Kreatif UFkS9n_FOTO-UTAMA4
http://marketeers.com
Sampai saat ini konsep kewirausahaan masih terus berkembang. Secara epistimologis, sebenarnya kewirausahaan hakikatnya adalah suatu kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat dan kiat dalam menghadapi tantangan hidup. Untuk menjadi wirausaha yang berhasil, persyaratan utama yang harus dimiliki adalah memiliki jiwa dan watak kewirausahaan yang tercermin dalam jiwa dan kemampuan tertentu untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) atau kemampuan kreatif dan inovatif. Kemampuan kreatif dan inovatif tersebut secara riil tercermin dalam kemampuan dan kemauan untuk memulai usaha (start up), kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang baru (creative), kemauan dan kemampuan untuk mencari peluang (opportunity), kemampuan dan keberanian untuk menanggung risiko (risk bearing) dan kemampuan untuk mengembangkan ide dan meramu sumber daya


Faktanya, kendala pemasaran sering menghantui para pelaku usaha kecil/ home industri. Bagi mereka, membuat sebuah produk bukanlah merupakan masalah. Namun bagaimana produk-produk yang mereka hasilkan mampu menembus pasar dengan baik, disanalah keterbatasan yang dihadapi oleh sebagian besar pelaku industri kecil. Padahal umumnya produk-produk usaha mikro dan kecil banyak diminati baik oleh konsumen lokal bahkan konsumen manca negara yang dibuktikan dari berbagai pameran yang banyak diikuti oleh pengusaha mikro dan kecil, dimana mereka mampu menjual habis produk dagangannya. Namun semuanya bersifat sementara, karena tidak ada pembelian lanjutan yang dapat mempertahankan bisnis pengusah mikro dan kecil tersebut. 

Selain faktor pemasaran, kurang berkembangnya para pelaku usaha kecil tersebut, antara lain:
1. Kebanyakan pengusaha mikro dan kecil berorientasi pada produk bukan pada konsumen. Mereka lebih suka membuat produk-produk sesuai dengan selera sendiri dan sudah cukup puas dengan produk yang dihasilkan tampa ada perubahan-perubahan yang disesuaikan dengan selera konsumen.
2. Orientasi usaha yang hanya sebatas mencukupi keuangan keluarga, menyebabkan pengusaha-pengusaha mikro tersebut tidak mampu naik kelas dan melangkah menjadi pengusaha menengah, karena mereka sudah cukup puas dengan penghasilan yang pas-pasan dan tidak ada keinginan untuk memperbesar bisnisnya.
3.Banyak pengusaha mikro memandang pemasaran sebagai sesuatu yang mewah sehingga produk tersebut tidak mendapat sentuhan pemasaran baik dari segi bentuk/model maupun kemasan dan kemudian promosi.
4. Adanya salah kaprah dalam memahami pemasaran dalam setiap level usaha dimana sebenarnya pada usaha mikro tidak semua aspek pemasaran diterapkan, seperti merek belum menjadi perhatian utama. Alhasil, konsumen baru sebatas mengenal produk.
5. Pengetahuan tentang pemasaran juga masih kurang, sehingga para pengusaha mikro dan kecil hanya menjalankan metode penjualan secara tradisional saja.
6. Banyak toko-toko yang digunakan untuk penitipan kurang mau menerima produk usaha mikro karena dianggap tidak laku dan hanya memenuhi tempat usaha saja.
Dan masih banyak sederet permasalahan-permasalahan lainnya. Sudah saatnya pembisnis usaha kecil dan mikro menjadi tuan dinegeri sendiri. Pelaku industri kecil dan mikro harus lebih meningkatkan kemampuan dalam strategi pemasaran, bukan hanya sebatas membuat produk yang akhirnya berujung pada mati suri karena ketidakmampuan menembus pasar.

Apakah anda seorang wirausaha atau sedang merintis jalan menjadi wirausahawan sukses?

Kini saatnya anda bergerak selangkah lebih maju bersama Agung Podomoro Group. Agung Podomoro Group (APG), salah satu pengembang PROPERTI terbesar di Indonesia, menawarkan peluang emas untuk anda para wirausahawan UKM yang ingin sukses mengembangkan produknya. Sejak 2016 lalu, APG melakukan sinergi trade center atau pusat perbelanjaan miliknya di bawah payung Trade Mall (TM). Perubahan tersebut dilakukan untuk mendekatkan masyarakat terhadap produk-produk APG yang tersebar di Indonesia, khususnya Jakarta. Trade mall APG tidak sekedar menjadi pusat bisnis, perdagangan dan usaha. TM Agung Podomoro juga berfungsi sebagai tempat aktifitas masyarakat dan komunitas. Bekerjasama dengan masyarakat, komunitas dan pihak-pihak terkait, TM Agung Podomoro memberikan fasilitas dan kegiatan dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif dalam bentuk kepedulian sosial, penyaluran hobby dan bakat. 

Konsep trade mall APG tentunya berbeda dengan mall pada umumnya yang lebih fokus menjual barang-barang branded terkenal. Trade mall APG justeru berbasis pada kumpulan kios-kios usaha kecil menengah (UKM) yang menawarkan berbagai macam barang lokal berkualitas. Melalui trade mall, Agung Podomoro berkomitmen mengembangkan ekonomi kerakyatan, dan siap terus berkembang melalui kerjasama dengan semua anggota HIPPINDO - Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia -yang 100% menghadirkan produk-produk asli Indonesia. Dari sisi inovasi, antara lain adanya pembentukan zoning yang khas di setiap TM. Kepeduliaan APG tentunya memberikan angin segar bagi anda, para pelaku UKM dalam memasarkan produknya karena TM Agung Podomoro menawarkan tenant terbaik di lokasi terbaik.  
Harmoni Budaya Indonesia (https://thamrincity.co.id/2017/04/20/serbu-thamrin-city-untuk-persiapan-lebaran/)
Inovasi dan sinergi yang dilakukan Agung podomoro bersama para pelaku UKM ini tentu saja tidak hanya menguntungkan penjual tetapi juga bertujuan meningkatkan pelayanan dan memberikan nilai tambah kepada pengunjung, serta meningkatkan daya saing bisnis ruang ritel, sesuai dengan misinya, TM Agung Podomoro akan menjadi destinasi pusat belanja dan bisnis nasional dan internasional sehingga akan mendatangkan banyak pengunjung. Saat ini TM Podomoro mengelola 10 trade mall di Jakarta dan Balikpapan, yakni TM Blok M Square, TM Mangga Dua Square, TM Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, TM Harco Glodok, TM Kenari Mas, TM Kalibata City, TM Thamrin City, TM Seasons City, TM Blok B Tanah Abang, dan TM Plaza Balikpapan. 

TM Thamrin City 
Trade Mall yang satu ini tidak hanya terkenal bagi masyarakat lokal dan luar kota, tetapi sudah dikenal sampai negeri Jiran. Apalagi, produk busana muslim-nya yang sudah dikenal di berbagai negara. Di sini terdapat ribuan tenant yang menyediakan aneka busana muslim dan batik mulai dari harga terendah hingga tertinggi.

TM Mangga Dua Square
Surganya gadget, alat elektronik, fashion item terkini ada di Mangga Dua Square. Trade Mall yang itu ini menjadi tempat nongkrong favorit para muda-mudi yang ingin menghabiskan waktu weekend-nya bersama sahabat atau keluarga. TM Mangga Dua Square kini memusatkan diri pada pusat busana muslim modern yang menggandeng desainer Indonesia, Itang Yunaz.  Seiring berjalan waktu, Mangga Dua Square merambah batik sutra dan tenun. 
  
TM Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok
Bagi yang tinggal di wilayah Jakarta Barat tentunya sudah mengenal TM LTC Glodok dengan baik. Yup, di sini ada berbagai macam kebutuhan yang bisa didapatkan. Mulai dari fashion, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, sparepart otomotif hingga perlengkapan bangunan. TM LTC Glodok ini menawarkan harga grosir bagi pembelian dalam jumlah yang besar.

TM Blok M Square
Ini dia nih tempat belanja favorit yang ada di Jakarta selatan. TM Blok M Square sering kali menjadi tujuan belanja para pegawai kantoran setelah pulang kerja. Di sini juga lengkap banget barang yang ditawarkan, mulai dari fashion, gadget, makanan hingga perlengkapan rumah tangga. Berbelanja di sini pun nyaman banget, karena fasilitas keamanan dan hiburan yang mendukung.

TM Plaza Kenari Mas
Jika bertanya tentang pusat listrik modern, lampu hias, LED, sanitary, pompa, tools, kunci kunci, peralatan dapur dan peralatan rumah tangga di jakarta, Plaza Kenari Mas selalu jadi pilihan utama. Bahkan, beberapa pedagang dari luar negeri pun banyak yang mengambil berbagai produk dari sini. TM Plaza Kenari Mas ini dikenal sebagai “The Most complete for home solution market”, karena terdapat berbagai macam fasilitas yang membuat para pembeli merasa nyaman untuk berbelanja.

TM Blok B Tanah Abang
TM Blok B Tanah Abang bisa jadi tempat nongkrong wajib bagi para millennial Jakarta. Pasalnya, di sini dijual berbagai macam kebutuhan fashion trendy untuk semua usia. Bahkan, di sini juga menyediakan berbagai merek desainer ternama. TM Blok B Tanah Abang selalu menjadi destinasi belanja impian pengunjung saat berada di Jakarta.

TM Seasons City
TM Seasons City Latumeten selalu menjadi pilihan keluarga yang ingin jalan-jalan tanpa mengeluarkan budget besar. Di sini tersedia beraneka ragam kebutuhan rumah tangga seperti fashion, aksesoris hingga elektronik dengan harga yang bisa dibilang murah dan tersedia Carrefour.

TM Harco Glodok
TM Harco Glodok adalah destinasi belanja yang tepat untuk mencari perlegkapan elektronik. Di sini terdapat pusat alat teknik dan peralatan keras yang super lengkap. Tidak seperti kebanyakan pusat elektronik, TM Harco Glodok lokasinya strategis dengan desain arsitektur yang modern sehingga membuat pengunjung betah.

TM Plaza Balikpapan
Berjalan-jalan dengan keluarga di akhir pekan sangat menyenangkan. Apalagi jika dihabiskan di Plaza Balikpapan yang merupakan pusat grosir terbesar di Kalimantan Timur. Ada beragam fasilitas  yang ditawarkan sehingga pengunjung merasa nyaman berbelanja berbagai perlengkapan, mulai dari rumah tangga, elektronik, fashion hingga tempat hiburan keluarga yang menarik untuk dikunjungi. 

Kesembilan Trade Mall Agung Podomoro di atas dipenuhi dengan UKM dari berbagai daerah. Nggak heran kalau barang yang ditawarkan pun berkualitas dan harganya terjangkau. Alhasil, Belanja di Trade Mall menjadi destinasi belanja favorit berbagai kalangan, baik dari dalam maupun luar negeri. 

[INFOGRAFIS] Mengenal Serba Serbi Pusat Perbelanjan Yang Memberdayakan UKM
https://www.kaskus.co.id



Berikut ini adalah keuntungan-Keuntungan lain jika anda bergabung di TM Agung Podomoro 
Lokasi strategis
Apalah arti sebuah modal jika tak ada tempat layak untuk memasarkan produk yang anda miliki. Begitulah pengalaman yang saya pernah rasakan saat ekspansi usaha keluarga tak memperoleh hasil karena kurang mempertimbangkan lokasi. Lokasi memang menjadi salah faktor penting yang bisa menaikkan omzet penjualan. TM Agung Podomoro terletak di jantung bisnis ibukota,  ditambah fasilitas hotel budget dan hotel bintang 3 dan 4 seperti Hotel Novotel sehingga TM menjadi lokasi yang nyaman untuk destinasi belanja pengunjung dari penjuru kota bahkan luar negeri. Apalagi jika produk anda memang benar-benar bagus dan anda mampu memasarkannya dengan baik, tentu produk anda akan cepat disukai oleh banyak orang dan tentu saja namanya akan semakin besar. Apalagi dengan nama besar TM Agung Podomoro tersebut serta segala fasilitas yang disediakan. Tidak ada alasan bagi konsumen untuk tidak kembali dan membeli produk anda lagi. Selain konsumen yang berdatangan ke tempat usaha Anda, sangat dimungkinkan juga anda untuk mendapat clien baru yang ingin bekerja sama dengan produk Anda. Tentu saja kerjasama yang ditawarkan tersebut akan menguntungkan bagi Anda. Makin banyak koneksi, kedepan, makin baik untuk usaha Anda. 

Layanan E-Commerce
Visi ekonomi Indonesia 2020 ialah menjadi “The Digital Energy of Asia” dengan target pertumbuhan transaksi e-Commerce sebesar USD 130 Miliar. Dalam mengejar visi ini, Indonesia menghadapi dua tantangan utama yang harus diselesaikan secara seimbang dan serentak yaitu globalisasi dan sistem ekonomi yang adil dan produktif, yang berpihak pada rakyat serta terjaminnya sistem insentif ekonomi yang adil dan mandiri. Dalam mendukung visi bersama ini, Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, pemerintah daerah dan pelaku bisnis e-Commerce mengembangkan gerakan nasional e-Commerce. Gerakan Nasional ini juga didukung oleh 2 program pemerintah yaitu 8 juta UMKM dan Ekonomi Kerakyatan. UMKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja ± 90 % serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada Produk Domestik Bruto Nasional. Terlebih lagi dari hasil survey UMKM yang telah online, dapat disimpulkan bahwa berjualan online dapat meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26% dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang berimbas pada peningkatan ekonomi nasional secara berkala dan bertahap. Dalam hal ini Faktor trust merupakan salah satu faktor kritis dalam e-Commerce, terutama menyangkut competence trust dan goodwill trust. Transaksi melalui internet tidak bisa jalan tanpa adanya faktor kepercayaan. Faktor kepercayaan ini sangat sukar dibangun, namun sangat mudah sekali dirusak. Oleh karena itu dibutuhkan tiga faktor utama dalam rangka membangun dan mempertahankan trust, yaitu kepuasan pelanggan, reputasi dan itikad baik pemasok, serta pengakuan dari pihak ketiga.
https://www.humas.id/go-digital-gerakan-nasional-umkm-go-online/
Trade Mall (TM) Agung Podomoro kini telah melengkapi unit bisnis dengan mengembangkan e-commerce berbasis tenant yang tergabung dalam payung TM. E-commerce ini akan menjajakan barang dagangan yang dimiliki tenant-tenant yang tergabung di TM Podomoro, sehingga tenant ini tidak hanya berdagang secara konvensional saja, melainkan juga secara online. Untuk tahap awal, e-commerce akan ditawarkan pada tenant-tenant yang ada di tiga trade mall di Jakarta, yakni TM LTC Glodok, TM Kenari Mas, dan TM Harco Glodok. Dengan menggunakan e-Commerce anda dapat memperoleh beberapa keuntungan yang meliputi layanan konsumen dan citra perusahaan menjadi baik, menemukan partner bisnis baru, proses menjadi sederhana dan waktu dapat dipadatkan, dapat meningkatkan produktivitas, akses informasi menjadi cepat, penggunaan kertas dapat diminimalkan, biaya transportasi berkurang dan fleksibilitas bertambah. Kehadiran e-commerce turut pula mempermudah para wisatawan berbelanja. Karena di setiap trade mall dilengkapi dengan jasa ekspedisi, para wisatawan yang telah pulang ke negaranya masih bisa berbelanja barang yang pernah ditemuinya ketika berkunjung melalui sarana online, dan dikirim melalui jasa ekspedisi.

Tahan cuaca
Karena tempatnya tertutup dan lengkap dengan aneka pusat perbelanjaan termasuk tersedianya restaurant, foodcourt makanan dan minumam, maka calon pengunjung tidak akan kuatir akan cuaca yang akan mengurangi kenyamanan mereka. Misalnya di saat musim penghujan, meskipun hujan berlangsung lama pada saat pengunjung berada dipusat perbelanjaan TM, maka mereka tidak akan takut “terjebak” tidak bisa kemana-mana untuk mencari makan dan minum. Tinggal ke restaurant atau foodcourt yang selalu buka selama pusat perbelanjaan itu beroperasi. Demikian juga dengan pencahayaan dan pengaturan suhu udara yang nyaman adalah keuntungan lain.
Kebersihan, kemanan dan fasilitas IT
Satu lagi yang mungkin membuat anda sebagai pemilik tenant lebih simple dalam menangani kebersihan, keamanan lingkungan dan fasilitas IT – jika diperlukan-. Ini semua akan disediakan atau difasilitasi oleh pengelola pusat perbelanjaan TM. Setidaknya mereka akan mengkoordinir pengadaan fasilitas-fasilitas itu.
Promo tema public event 
TM sering mengadakan event-event yang bersesuaian dengan public event dan Hari Raya, misalnya Imlek, Lebaran, Natal, New Year, Ramadhan festive dan lain-lain, juga pameran-pameran sering digelar berkala oleh pengelola. Ini akan memberikan dukungan kepada anda dalam hal mendatangkan lebih banyak pengunjung. Dengan lebih banyak pengunjung tentu jumlah calon pelanggan yang berbelanja produk anda akan semakin banyak. 

Tunggu apalagi, waktu tidak akan berbalik ke belakang. Manfaatkan kesempatan emas ini  untuk masa depan usaha anda agar lebih berkelas. Bersama TM Agung Podomoro, bukan hanya usaha anda yang akan meraih kesuksesan, tetapi anda turut pula memajukan perekonomian Indonesia. Jika anda berminat bergabung dengan TM Agung Podomoro, silahkan simak video tutorial berikut ini. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.