Suplemen Makanan Sea-Quill, Pilihan Tepat Untuk Hidup Lebih Sehat






Dewasa ini begitu banyak faktor yang menjadi pemicu menurunnya kualitas kesehatan yang tentunya berpengaruh pada kebugaran tubuh. Selain  faktor Iklim, polusi, ditambah gaya hidup tidak sehat ( strees,alkohol,rokok,junk food) menjadi pemicu munculnya beragam penyakit. Agar tubuh menjadi  lebih bugar dan sehat tentunya banyak cara yang bisa dilakukan. Selain asupan gizi seimbang harus terpenuhi, olah raga teratur,  diet  sehat, serta mengkonsumsi vitamin maupun suplemen makanan.

Sebagai informasi, suplemen makanan adalah kombinasi makanan kesehatan dari dua atau lebih vitamin ataupun zat lain ( non vitamin ) seperti asam amino maupun sediaan herbal yang memiliki khasiat terapeutik yang diinginkan maupun bermanfaat meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG). Jenis suplemen tunggal bisa terdiri dari kalsium, zinc, vitamin, asam folat, dan lain – lain. Suplemen kombinasi bisa terdiri dari multi vitamin atau obat – obatan. Suplemen makanan dapat berupa produk padat meliputi tablet, tablet hisap,tablet efervesen, tablet kunyah,serbuk,kapsul,kapsul lunak,granula,pastiles atau produk cair berupa tetes,sirup atau larutan (BPOM,1996). Penggunaan suplemen yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kinerja fisik.

Yang harus dipahami, suplemen makanan bukan makanan pengganti yang bisa digunakan sebagai makanan utama. Fungsi utama suplemen hanyalah untuk melengkapi nutrisi yang tidak kita dapatkan dari makanan sehari-hari, terlebih untuk orang yang alami defisiensi gizi spesifik, layaknya kekurangan vitamin maupun mineral. Karena suplemen makanan pada umumnya mengandung vitamin dan mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Berikut manfaat mengkonsumsi suplemen bagi tubuh Anda.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
Beberapa gangguan metabolisme dan pencernaan, dapat mempengaruhi penyerapan makanan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan menurunnya asupan nutrisi dalam tubuh. Di sinilah peran suplemen. Mengkonsumsi suplemen dalam jumlah yang cukup membantu meningkatkan metabolisme dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
  • Masa Penyembuhan
Setelah pulih dari sakit, tubuh membutuhkan banyak nutrisi penting untuk menunjang proses penyembuhan. Meski bisa diperoleh dari makanan, namun kondisi setelah sakit terkadang ‘memaksa’ kita tidak mengonsumsi makanan tertentu yang memiliki nilai gizi tinggi, sehingga menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi penting untuk proses penyembuhan.Konsumsi suplemen, multivitamin dan multimineral diharapkan dapat menambah zat gizi dari makanan dan mempercepat proses penyembuhan.
  • Membantu diet vegetarian
Bagi yang sedang menjalankan diet vegetarian, tentunya tidak mengkonsumsi makanan hewani. Padahal di satu sisi, makanan hewani banyak menyediakan sumber nutrisi penting seperti protein, vitamin dan mineral. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini, sayuran dan buah-buahan merupakan makanan pengganti yang baik untuk nutrisi diet. Selain itu, bisa ditambahkan suplementasi protein, vitamin, dan mineral untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengingat tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, maka tubuh memerlukan sumber vitamin dari luar. Contohnya vitamin C. Vitamin ini mengandung anti oksidan, berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.
  • ·  Anak-anak dalam masa pertumbuhan
Anak-anak dalam masa pertumbuhan memerlukan asupan gizi seimbang dan lengkap untuk mendukung tumbuh kembangnya. Memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna adalah metode terbaik untuk memberikan gizi lengkap dan seimbang. Akan tetapi, nafsu makan yang rendah sering kali menjadi penghalang. Apalagi ketika si kecil mulai memilih-milih makanannya. Dalam hal ini, pemberian suplemen makanan bagi si kecil merupakan hal yang disarankan.
  • Meningkatkan Kesehatan Wanita
Pre Menopause:
Wanita dengan masa menstruasi yang berat dapat kehilangan begitu banyak zat besi tiap bulannya. Mereka jarang mendapatkan jumlah zat besi yang cukup untuk menggantikan sel darah yang hilang. Suplementasi zat besi berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah dan efektif untuk mencegah anemia.

Kehamilan
Wanita hamil disarankan mengonsumsi 400 mg asam folat per hari. Mengkonsumsi asam folat dalam jumlah cukup berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi dan dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat hingga 70%. Sedangkan untuk perkembangan sistem syaraf janin adalah suplementasi asam lemak Omega-3. Selain itu, ibu menyusui juga butuh asupan kalisum dan zat besi lebih banyak, Jika kekurangan kalsium, bisa menempatkan ibu pada risiko osteoporosis.

Kesehatan tulang:
Kalsium dan vitamin D sangatlah penting bagi mereka yang berada pada resiko osteoporosis. Tidak semua orang bisa mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Alternatifnya adalah menambahkan suplementasi kalsium dan vitamin D sesuai dengan kebutuhan.
  • Olahragawan
Kebutuhan nutrisi tubuh orang yang aktif secara fisik tentu berbeda dengan orang yang rendah aktivitasnya. Bagi penggemar berolahraga, baik itu latihan kardio atau latihan beban, maka suplemen makanan mutlak dibutuhkan.
Misalnya untuk latihan beban dengan tujuan meningkatkan masa otot, maka dibutuhkan asupan protein yang lebih besar. Suplementasi creatine juga dibutuhkan untuk membantu meningkatkan ukuran sel otot serta menciptakan tenaga yang eksplosif saat latihan beban. Bisa juga ditambahkan suplementasi glutamine yang berguna dalam fase pemulihan setelah latihan dengan mencegah terjadinya cedera otot dan katabolisme otot (penyusutan otot).
  • Perokok
Orang yang gemar merokok atau orang yang sering berada di lingkungan yang penuh asap rokok, bisa jadi membutuhkan suplemen makanan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering terpapar asap rokok, baik perokok aktif maupun pasif, cenderung mengalami penurunan kadar vitmain C dalam tubuhnya. Hal ini yang menyebabkan perokok aktif maupun pasif membutuhkan asupan vitamin C 40 persen lebih banyak dari orang yang tidak pernah terpapar asap rokok.

Kenali Keamanan Suplemen Anda 



Akhir-akhir ini peredaran suplemen “palsu” kian marak. Di Amerika Serikat, Food and Drugs Administration (FDA) terus mengingatkan konsumen untuk lebih waspada terhadap beredarnya berbagai suplemen makanan yang terkontaminasi oleh zat-zat asing serta suplemen palsu yang mengandung bahan yang tidak sesuai dengan daftar bahan yang tertulis di labelnya. Peraturan untuk industri suplemen makanan ini diumumkan secara resmi kepada publik sehingga baik pihak produsen/manufaktur dan konsumen dapat mengetahui isinya untuk memastikan suplemen makanan yang diproduksi dan dikonsumsi telah memenuhi kriteria FDA.

Di Indonesia beredarnya suplemen palsu juga semakin meresahkan. Walau pengertian suplemen didefinisikan sebagai makanan olahan yang terbuat dari zat-zat gizi serta non gizi alami serta tidak memiliki kandungan bahan kimia obat, tetapi dalam sistem pembuatannya tidak jarang juga ditambahkan zat tambahan. Begitupun dengan suplemen yang beredar di pasaran, ada juga yang memberikan banyak zat tambahan. Manfaatnya, tak hanya supaya terasa lebih enak, juga untuk menambah daya tarik tampilannya, dan pastinya supaya lebih awet. Zat-zat tambahan yang kerap ditambahkan pada suplemen makanan salah satunya yaitu sakarin atau siklamat.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika mengkonsumsi suplemen, maka sangat disarankan untuk memilih merek suplemen yang diproduksi oleh perusahaan suplemen yang menerapkan pedoman GMP (Good Manufacturing Practices) atau di Indonesia dikenal dengan istilah ‘Cara Pembuatan yang Baik’

Manfaat GMP bagi Konsumen

  • Konsumen dapat memiliki akses terhadap suplemen makanan yang memenuhi standar kualitas dan yang bebas dari kontaminasi dan berlabel akurat.
  • Aturan GMP ini akan memberikan kepercayaan kepada konsumen bahwa suplemen makanan yang dikonsumsi telah diproduksi dengan jaminan atas ciri-ciri produk, kemurnian, kekuatan, dan komposisinya.
  • Aturan GMP ditujukan untuk menjamin kualitas proses manufaktur suplemen makanan dan pelabelan yang akurat atas bahan-bahan suplemen yang digunakan. Jaminan ini akan meyakinkan konsumen bahwa suplemen yang dibeli sudah melalui teknik-teknik produksi yang baik dan yang tertera di label sudah sesuai dengan isinya.

Bahaya Suplemen Tanpa GMP

Tidak semua perusahaan manufaktur suplemen makanan menerapkan pedoman GMP dalam proses pembuatan produknya. Akibatnya, produk suplemen dari perusahaan tersebut dapat berbahaya bagi calon konsumen yang akan mengonsumsinya. Beberapa bahaya tersebut adalah :
  • Bahan suplemen tidak sesuai dengan isinya
Bahaya ini sangat fatal, karena bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen bisa tidak sesuai dengan isi yang terkandung sebenarnya. Suplemen jenis ini bisa dikatakan suplemen ASPAL (asli tapi palsu).
  • Mengandung zat-zat kontaminan
Tanpa penerapan GMP, suplemen yang diproduksi dapat tercemar berbagai zat-zat kontaminan seperti bakteri, pestisida, serpihan kaca, logam berat, dan bahan asing yang terkandung pada kemasan suplemen. Akibatnya jelas sangat fatal bagi kesehatan.
  • Grade bahan suplemen tidak jelas
Terdapat dua jenis bahan suplemen yaitu Food Grade yang diperuntukkan bagi manusia dan Animal Grade yang diperuntukkan bagi nutrisi hewan. Salah konsumsi grade suplemen juga dapat berakibat fatal bagi kesehatan manusia. Berbahaya maupun tidak, takaran bahan suplemen yang melebihi atau kurang dari yang tertera di label jelas merugikan konsumen.

Berikut ini beberapa tips penting yang perlu Anda ketahui pada saat membaca label suplemen.
1.   Pastikan ada tulisan “Dietary Supplement” di label suplemen Anda. Ini adalah ketentuan yang diatur dalam Dietary Supplement Health and Education Act of 1994 (DSHEA).
2. Pastikan label suplemen Anda mencantumkan informasi dasar mengenai perusahaan yang memproduksinya, terutama nama dan alamat perusahaan.
3. Periksa tanggal produksi (manufacturing date) dan tanggal kadaluarsa (expiration date) suplemen Anda.
4.  Pastikan suplemen Anda juga mencantumkan kandungan suplemen dengan jelas, berupa nama nutrisi yang terkandung di dalamnya dan berapa banyak kandungannya, bahan-bahan yang digunakan dalam suplemen tersebut, serta ukuran atau jumlah produk tersebut dalam satu kemasan (bisa berupa berat, jumlah tablet/kapsul/bentuk lainnya).
5. Periksa informasi yang berkaitan dengan dosis dan cara penggunaan suplemen. Pastikan suplemen Anda berisi cara penggunaan (Direction for Use/Suggested Use), takaran saji (Serving Size), dan jumlah sajian per kemasan (Servings per Container).
6.   Periksa bahan-bahan yang digunakan dalam suplemen Anda, baik di bagian daftar bahan (ingredients) dan bahan lain (other ingredients). Suplemen yang baik akan mencantumkan bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen secara lengkap.
7.    Pilih suplemen dengan bahan-bahan yang telah menjalani tes atau pengujian sebelumnya. Biasanya produk suplemen yang telah lolos uji kandungan akan diberi label USP (United States Pharmacopeia) yaitu lembaga internasional yang mengatur standar kualitas bahan baku suplemen sehingga kualitasnya lebih terjamin.

Setelah membaca label suplemen dengan lebih teliti, pastikan label suplemen tersebut memberikan Anda informasi yang benar. Bagaimana cara mengetahuinya? Gunakan informasi yang tertera pada label suplemen untuk menghubungi perusahaan yang memproduksi suplemen tersebut, untuk mencari tahu mengenai kualitas perusahaan dan produknya. Jadi bacalah label suplemen Anda dengan teliti dan jadilah konsumen yang lebih bijak dalam memilih suplemen yang terbaik untuk Anda!

Sea-Quill

Sea-Quill adalah rangkaian produk-produk suplemen kesehatan luar biasa. Sea- Quill adalah sumber makanan penambah nutrisi yang baik bagi tubuh, dengan kualifikasi sumber nutisi makanan organik yang premium atau yang seringkali disebut GREEN FOOD atau makan yang berasal sumber alami yang jauh lebih sehat bagi tubuh. 

Sea-Quill merupakan hasil perpaduan antara bahan alami dan teknologi manusia, diciptakan untuk meningkatkan keseimbangan gizi, vitalitas dan kesejahteraan Anda melalui kualitas produk yang prima dengan beberapa keunggulan. sebelum produk Sea Quill tiba ditangan Anda, berbagai prosedur telah dilewati.

Bahan Baku

Hanya bahan baku terbaik dari seluruh dunia yang digunakan untuk produk-produk Sea-Quill. Berbagai bahan baku alami dihasilkan dari sistem penanaman organic yang bebas pestisida, bebas pupuk kimia dan non-GMO (Genetically Modified Organisms). Setiap bahan baku harus memenuhi persyaratan mengenai kemurnian, potensi, kesegaran, keamanan dan kadar zat aktif ymiq diuji di in house laboratories yang menyangkut analisa dan tes mikrobiologi. Untuk mendapatkan spesifikasi zat aktif dari bahan baku yang berkualitas tinggi, digunakan berbagai metode analisis dengan teknologi tinggi seperti HPLC, GC, AA, MR, NIR, UV-VIS, LS, RI, FTIR, TLC scan, GF dan Polarimeter supaya dipastikan bahwa kandungan tersebut terstandar dan memiliki efek terapi terhadap tubuh.

Manufaktur

Produk Sea-Quill dimanufaktur dengan fasilitas state-of-the-art di Florida, USA yang memiliki lahan seluas 130.000 meter persegi. Fasilitas manufaktur didesain secara spesifik untuk memenuhi standar farmasi. Dengan peralatan yang terotomatisasi dan terkomputerisasi menggunakan teknologi paling canggih sehingga memenuhi standar cGMP (curent Good Manufacturing Practice) dan memenuhi persyaratan NLEA dan DSHEA regulation.
Seluruh fasilitas dilindungi dengan sistem control cuaca yang terkomputerisasi. Demikian juga lingkungan pabrik semuanya dikontrol secara otomatis untuk menghindari pencemaran fisik dan biologis. Setiap tahun semua fasilitas dan prosedur produksi dievaluasi oleh FDA dan semua fasilitas yang akan digunakan telah memenuhi standar cGMP.

Quality Control

Sejak awal, kualitas merupakan nomor satu bagi produk Sea-Quill. Pengawasan yang ketat Sejak dari bahan baku diterima, tes dan analisa bahan baku, tes sebelum, selama dan sesudah pembuatan, pengepakan hingga pengiriman.Semuanya melalui 26 tahapan prosedur yang diawasi dengan ketat oleh tim QC dari Sea-Quill

Quality Assurance

Untuk melakukan pemeriksaan silang terhadap semua tahapan produksi dan spesifikasi, dilakukan Quality Assurance (QA). Tim QA juga memonitor prosedur kalibrasi alat-alat untuk memastikan akurasinya. Hasil akhir produk tidak akan diluncurkan ke pasaran sebelum mendapat pengesahan dari QA. Selain itu, Sea-Quill juga menerbitkan Certificate of Analysis dari tiap produk untuk menjamin kemurnian kandungan nutraceutical. Bekerjasama dengan pihak ketiga yang netral untuk menghasilkan Independent Laboratory Assay.

Penelitian Ilmiah

Beberapa komponen merupakan hasil penemuan terbaru dalam dunia makanan kesehatan dan telah dipatenkan karena terbukti memiliki khasiat yang nyata dan unggul dibanding bahan sejenis. Contoh: Ester-C, MacaPure, Kolla2, Peptizyme, Chromemate, dan lain-lain. Kombinasi berbagai komponen dalam satu produk telah diteliti manfaat clan sinergisitasnya pada berbagai Institute multicenter di seluruh dunia.

Keunggulan

Beberapa bahan herbal yang dipakai telah menggunakan Technology of Standardized Herbal Extract (TSHE), yang menjamin bahwa kadar bahan aktif yang dipakai sama dengan kadar bahan aktif yang digunakan dalam penelitian dan uji klinis oleh para ilmuwan diseluruh dunia. Untuk kesehatan anda, produk-produk Sea Quill tidak mengandung gula, garam, pengawet dan aroma buatan. Jaminan Uang Kembali (Money Back Guarantee) atas kemurnian, kesegaran dan potensi kandungan zat aktif sesuai zat aktif sesuai pada label yang tertera.
Beberapa produk menggunakan “VegiCap” yaitu Vegetarian Capsule, jenis kapsul yang tidak mengandung bahan hewani dan alkohol serta diproses tanpa bahan hewani dan alkohol, juga tidak menggunakan peralatan yang digunakan untuk mengolah bahan hewani dan alkohol. Hal ini telah dikukuhkan juga dengan Sertifikat HALAL oleh Islamic Service, USA. Beberapa produk dibuat dengan sistem Time Released atau pelepasan berkala yang menjamin produk tersebut terurai sesuai dengan bioritmis kebutuhan tubuh.


Sea-Quill  Indonesia

Produk Sea-Quill telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1997. Sebagai distributornya dipegang oleh sebuah perusahaan yang telah berpengalaman sejak tahun 1990 yaitu Abad Dua Satu Makmur (ADSM). ADSM adalah perusahaan pertama yang memasarkan produk makanan kesehatan di Indonesia. Produk-produk Sea-Quill telah didaftarkan dan mendapat nomor registrasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Republik Indonesia. Hingga saat ini produk Sea-Quill telah diterima oleh masyarakat Indonesia dan memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Produk-produk Sea-Quill telah terdistribusi di pulau Jawa, Sumatera, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua. Sebagai penyalur tunggal produk Sea-Quill di Indonesia, ADSM juga memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan demi terwujudnya harapan Sea-Quill For Your Healthier Life

Referensi :


2 komentar:

  1. Cara membedakan produck yg asli dengn yg palsu gimana, secara saya baru beli sea quill omega 3 salmon baru 2 mingguan mngkonsumsi nya dan cari di google katanya produkc ny palsu apa lagi sekarang saya sedang hamil 6 bln jd khawatir tengtang penggunaan suplemen ini, mohon info nya

    BalasHapus
  2. Cara membedakan produck yg asli dengn yg palsu gimana, secara saya baru beli sea quill omega 3 salmon baru 2 mingguan mngkonsumsi nya dan cari di google katanya produkc ny palsu apa lagi sekarang saya sedang hamil 6 bln jd khawatir tengtang penggunaan suplemen ini, mohon info nya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.