Oli Motor Terbaik – Total Hi-Perf


Agar motor selalu awet, selain melakukan pengecekan mesin secara rutin, memilih oli motor terbaik harus menjadi perhatian,kenapa? karena oli sebagai bagian penting komponen kendaraan berfungsi agar mesin bekerja secara optimal, lebih halus dan memudahkan mesin mencapai suhu kerja ideal. Untuk memilih oli motor terbaik, penting bagi pemilik kendaraan untuk mempertimbangkan jenis oli, tingkat kekentalan (SAE grade) dan tingkat performa (ACEA, standar API dan Jaso). Berikut penjelasannya masing-masing

Dilihat dari bahan dasarnya ada 3 jenis oli
1.Mineral
Oli mineral cocok untuk motor keluaran tahun lama karena clearance atau celah-celah mesinnya lebih renggang. Mengingat bahannya masih alami, oli mineral amat cocok untuk motor motor lawas, seperti Honda C-70, Honda C-90Z, Supercup, Astrea 800, Yamaha V-75, Suzuki Crystal, Binter Mercy, dan sebagainya. Kelebihannya, oli tak mudah menguap saat mesin ada pada temperatur ideal, sehingga jeroan yang sudah aus tidak bertambah parah.
2.Synthetic blend (Semi Sintetik)
oli semi sintetik yang lebih cocok untuk motor-motor keluaran tahun terbaru seperti Honda Supra, Karisma, Astrea Impressa, Yamaha F1-Z, RX-King, RX-Z, Kawak Ninja, Yamaha Vega, Yupiter, Kawak Kaze, Suzuki Shogun, dan sebagainya, bisa memakai oli semi-sintetis. Perpaduan unsur mineral dan kimia, mampu menjaga kondisi mesin tetap prima, tanpa meninggalkan kemampuan untuk melindungi komponen dalam mesin.
3.Full Synthetic
oli full sintetik lebih cocok pada motor high performance, multi silinder, multi klep dan berkompresi tinggi atau motor yang digunakan untuk keperluan kompetisi (balap). Oli ini mampu melumasi seluruh bagian mesin sampai di sela-sela kecil sekalipun. Tingkat kekentalannya pun stabil meski dalam kondisi ekstrem, dan mampu menjaga mesin meski pada suhu tinggi.

Kekentalan
Kode pengenal Oli adalah berupa huruf SAE (Society of Automotive Engineers) menentukan fluiditas pelumas pada suhu panas dan dingin. Pelumas akan bekerja efisien pada suhu -30° C dan +40° C. Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukkan tingkat kekentalan oli tersebut. Sebagai contoh: TOTAL Quartz INEO ECS SAE grade 5W30, menunjukkan pada suhu dingin pelumas dapat bekerja pada kekentalan 5° C  dan pada suhu terpanas bekerja pada kekentalan 30° C.  Metode ini juga digunakan untuk pelumas lainnya: angka sebelum W (musim dingin) merupakan kekentalan pelumas bekerja pada suhu rendah dan angka setelah W merupakan kekentalan pelumas bekerja pada suhu tinggi. Semakin besar angka yang mengikuti Kode oli menandakan semakin kentalnya oli tersebut. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun. Sementara itu dalam kondisi panas normal, idealnya oli akan bekerja pada kisaran angka kekentalan 40-50 menurut standar SAE.

Performa
Performa dari oli sendiri ditunjukkan oleh kode API (American Petroleum Institute). API mengklasifikasikan pelumas berdasarkan beberapa kriteria seperti detergensi, ketahanan pemakaian, anti korosi serta menurut penggunaan dan kinerja oli. Huruf S untuk pelumas yang digunakan untuk mesin berbahan bakar bensin, sedangkan huruf C untuk mesin berbahan bakar solar. Semakin tinggi huruf alphabet maka semakin tinggi kualitas pelumas. Misalnya, untuk mesin bensin antara API SE, API SF atau API SH, API SH adalah kualitas yang paling baik. Dengan kata lain kendaraan yang dianjurkan menggunakan oli dengan grade SH dapat menggunakan oli grade SF. Tetapi tidak sebaliknya karena akan ada efek samping seperti mudah oli menguap, terlalu cepat minta diganti, mudah berubah warna dll.

Asosiasi Produsen Mobil Eropa telah mengembangkan standar di bawah nama ACEA dalam bentuk kode (kategori/kelas). Terdapat 3 kategori ACEA yaitu dua untuk kendaraan ringan (kategori A atau B untuk bensin atau  mesin diesel dan kategori C untuk bensin dan mesin diesel yang memenuhi standar Euro 4), dan satu untuk mesin diesel industri khususnya truk (kategori E).

Sedangkan JASO (Japanese Automotive Standar Association) adalah lembaga di jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan di negaranya karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan eropa dengan kendaraan buatan jepang berbeda. Motor-motor buatan jepang umumnya menggunakan kopling basah sedangkan kendaraan buatan eropa menganut sistem kopling kering yang artinya tidak terendam oli sehingga kendaraan buatan eropa cukup dengan sertifikasi API sedangkan kendaraan buatan jepang selain sertifikasi API wajib memiliki sertifikasi JASO. Contohnya (10W-40 API service SL / JASO MA2). JASO MA adalah kode untuk menunjukkan bahwa oli tersebut sangat cocok untuk motor berkopling basah (terendam oli) dan umumnya semua motor yang masuk ke indonesia menganut sistem kopling basah jadi saya sarankan pilih oli HARUS punya sertifikasi ini, kalau gak ada kode ini mendingan jangan pilih oli tersebut, karena akan beresiko kanvas kopling motor sobat cepat aus dan selip bahkan gosong. Sedangkan kode di belakang JASO menunjukkan kualitas sertifikat. Yang paling tinggi adalah JASO MA2 jadi klo bisa pilih yang kode MA nya paling tinggi. Khusus untuk motor matic pilih yang ada kode JASO MB karena tipe mesinnya berbeda.

Total Hi-Perf Sebagai Oli Sepeda Motor terbaik
Sekarang Memilih oli motor terbaik buat kendaraan tidak mudah. Apalagi buat yang baru memiliki motor, pastinya butuh banyak pertimbangan yah. Selain kualitas, harga, dan yang terpenting pemilihan oli harus disesuaikan dengan karakter kendaraan anda. Tapi sayangnya, sekarang banyak oknum curang yang memalsukan oli mesin yang tentunya meresahkan masyarakat. Sulit membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Parahnya  lagi, keberadaan oli abal-abal itu nyaris mirip  mirip dengan oli aslinya, baik kemasannya, labelnya maupun  isinya nyaris sama dengan aslinya. Jika tidak hati-hati harga oli palsu yang biasanya dibanderol dengan harga miring, tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan mesin akibat oli aspal itu. 

Tidak hanya  berberhati-hati terhadap adanya oli palsu dipasaran. Sebagai pemilik sepeda motor kita tidak boleh tertipu jargon-jargon merek tertentu yang mengklaim sebagai oli terbaik.  Karena sebagian besar sepeda motor modern menggunakan oli yang sama untuk melumasi mesin, transmisi, dan kopling. Kebutuhan ini membuat spesifikasi oli untuk sepeda motor perlu dirancang mendalam agar fungsinya berimbang di ketiga kebutuhan tersebut. Bahkan di tengah perkembangan teknologi sepeda motor yang kian pesat dewasa ini, sebuah oli dituntut bisa berperan lebih besar dari fungsi utamanya tersebut. Untuk bisa memproduksi oli terbaik bagi sepeda motor diperlukan pengalaman panjang dan telah memenuhi serangkaian pengujian mendalam, baik secara internal ataupun langsung oleh konsumen. 

Total Hi-PERF saat ini adalah pilihan oli terbaik untuk sepeda motor. Perusahaan multinasional berbasis di Paris, Perancis ini sudah eksis dalam bidang minyak dan gas sejak tahun 1924. Sebuah usia panjang yang memungkinkan perusahaan mampu mengembangkan teknologi perpelumasan melalui pengalaman dalam riset dan pengembangan teknologi pelumasan. Selain pengujian di laboraturium tertutup, Total juga memiliki riset bergerak ekstrim dalam ajang kompetisi balap kelas dunia, seperti Formula 1, WRC, Dakar, hingga balap ketahanan mesin Le Mans. Bahkan untuk melakukan riset oli bagi keperluan sepeda motor Total menggunakan Elf, merek di bawah naungannya, untuk mendukung tim-tim yang berlaga di MotoGP. Keterlibatan Total di kancah balap sepeda motor internasional sendiri sudah berlangsung lebih dari 30 tahun. Untuk musim MotoGP tahun ini Elf menjadi oli motor balap tim Marc VDS  Racing.

Melihat reputasi dan eksistensi perusahaan serta berbekal pengalaman dalam ajang balap internasional, tak salah jika Total berambisi untuk membedakan diri dari pesaing di industri pelumas Indonesia melalui produk-produk berkualitas tinggi dengan teknologi terbaru dan kinerja adiktif di berbagai sektor automotif, industri dan pertambangan.  Karena itu, Total Hi-Perf yang dijadikan merek oli sepeda motor layak disebut sebagai oli terbaik kelas dunia untuk kendaraan roda dua modern.

Variant Total Hi-PERF
Produk Total Hi-PERF diformulasikan secara khusus dengan teknologi tertinggi dan zat aditif terbaik untuk segala jenis sepeda motor di Indonesia. Total berani menjamin bahwa Total Hi-Perf sesuai dengan karakter penggunaan sepeda motor di Indonesia yang dikenal menuntut durabilitas tinggi di tengah cuaca rata-rata panas, dan tak jarang berbeban berat.

Empat variant Hi-Perf 4T Racing (sintetis penuh, SAE 10W50), Hi-Perf 4T Sport+ (semi-sintetis, SAE 10W40), Hi-Perf 4T Scooter (SAE 20W40), dan Hi-Perf 4T Super Plus (SAE 20W50) dibuat dengan senyawa-senyawa terukur untuk mendukung spesifikasi-spesifikasi sepeda motor tanpa kompromi. Kesemua varian Total Ho-Perf tersebut bahkan mampu memberikan perlindungan maksimal kepada mesin, menjaga kebersihan mesin, menjamin kinerja selalu baik, mengatur kesetabilan temperatur, serta menghasilkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Masing-masing variant tersebut tentu saja menawarkan keistimewaan dan kesesuaian untuk kebutuhan dari jenis mesin sepeda motor yang digunakan. Hi-PERF 4T Racing 10W50 dan Hi-PERF 4T Sport+ 10W40 menawarkan performa meningkatkan tenaga dan kecepatan dengan kinerja sempurna. Keunggulan Total Hi-Perf 4T Racing, dan Total Hi-Perf 4T Sport+semakin lengkap dengan Race Proven Technologies. Lewat campuran formulasi hebat yang telah diuji pada kejuaraan dunia WRC dan MotoGP tersebut kedua varian Hi-Perf itu sanggup dipakai untuk kebutuhan ekstrim pada sepeda motor performa tinggi atau kelas penjelajah.

Sementara itu, Total Hi-Perf 4T Scooter juga memiliki formulasi unik berupa Super Strong Film Technology. Dengan teknologi ini, di mana tingkat gesekan mampu diperkecil dan partikel oli tak mudah pecah, sebuah mesin sepeda motor mampu tetap dingin kendati digunakan dalam durabilitas tinggi. Secara langsung Hi-Perf 4T Scooter bisa membuat usia pakai mesin semakin panjang. Hi-PERF 4T Scooter Matic 20W40 yang dirancang khusus untuk skuter otomatik (skutik), menawarkan kelancaran kinerja mesin dan menjaga suhu dingin mesin. Selain itu, Hi-PERF 4T Super Plus 20W50 menawarkan kualitas kinerja mesin halus dengan uniform protection. 

Adapun formulasi unik Uni-Pro Formula yang terlebur di Total Hi-Perf 4T Super Plus akan terasakan manfaatnya untuk sepeda motor yang selalu menghadapi kondisi jalan macet atau stop-and-go, dan sering naik-turun berganti gear transmisi. Kemampuan perlindungan ini tercipta karena Total Hi-Perf 4T Super Plus dibuat sedemikian rupa terukur untuk konsistensi pelumasan di setiap komponen mesin. Khusus Hi-PERF 2T Special, menawarkan perlindungan dan kinerja khusus untuk mesin motor 2-tak.

Semua kelebihan itu, tentu hanya bisa dirasakan bila kita mencoba langsung produk-produk oli Total Hi-Perf. Sekali lagi, pengalaman Total di kancah balap kelas dunia bisa menjadi pertimbangan keberanian kita mencoba produk plumas terbaik untuk sepeda motor. Untuk harga, Total HI-PERF dibanderol dari harga Rp 26 ribu hingga Rp 97,5 ribu. Dengan harga sangat bersahabat, tentu saja sebanding  untuk oli dengan kualitas terbaik.

Bukan Total namanya jika tidak melakukan terobosan. Bekerjasama dengan Kawasaki Motor Indonesia PT. Total Oil Indonesia telah meluncurkan produk terbarunya sejak 2012 lalu, yaitu ELF Vent Vert yang langsung diimport dari Jepang dan akan menjadi salah satu pelumas rekomendasi Kawasaki. ELF Vent Vert ini diklaim mampu melindungi mesin disaat mesin dalam keadaan dingin dan juga ketika mesin dalam temperatur tinggi. ELF Vent Vert yang berwarna hijau pekat ini juga diklaim mempunyai teknologi 100 persen sintetik. Sementara untuk masa penggunaannya sendiri bisa mencapai 3 ribu kilometer, tergantung dari kondisi jalan dan pemakaian kendaraan. Harganya sendiri dibanderol Rp. 300 ribu untuk tiap botolnya dengan kemasan 1 liter. Untuk mendapatkannya konsumen bisa langsung mendatangi dealer-dealer Kawasaki yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk membuktikan kesesuaian Total Hi-Perf terhadap kebutuhan oli sepeda motor di Tanah Air, Total bahkan membuka laman internet khusus Indonesia www.id.total.com. Di samping itu, Total juga mengajak kosumen di Indonesia berbagi pengalaman dalam media sosial Facebook (www.facebook.com/TotalIndonesia).

Sumber Bacaan
http://motor.sportku.com/




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.