Produktif Dengan Social Media, Kenapa Nggak?


https://www.youthmanual.com/

Tekhnologi Informasi dan Komunikasi -TIK- saat ini telah menjadi salah satu infrastruktur utama dalam masyarakat modern. ''knowledge is power'', begitu ujar Francis Bacon, seorang pemikir dari Inggris yang hidup di abad 15.  

Ucapannya ini tetap relevan hingga kini, ketika jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor penghambat hubungan antar manusia, sehingga tercetuslah istilah "jarak sudah mati" atau "distance is dead". Hanya dengan menggunakan perangkat yang sedikit lebih besar dari genggaman tangan masyarakat bisa mengakses informasi mulai dari berita terkini, tips gaya hidup, bahkan sekedar gosip pesohor sekalipun.

Saat ini, Lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menjadi pengguna aktif internet. Ditambah banyaknya smartphone dengan harga terjangkau yang dikeluarkan oleh berbagai brands, otomatis pengguna internet pada perangkat mobile juga semakin meningkat. 93% dari total pengguna internet secara keseluruhan sekarang udah “go online” via perangkat mobile.

https://www.youthmanual.com/
Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki berupa jaringan yang dapat menjangkau ke seluruh pelosok dunia, internet berhasil merambah seluruh bidang aktifitas manusia. Hal tersebut menempatkan internet sebagai media informasi yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat global. Internet turut pula mendorong tumbuhnya komunitas cerdas (smart community), seperti masyarakat cerdas (smart society), pemerintahan cerdas (smart government), korporasi cerdas (smart corporate), bisnis cerdas (smart business), kampus cerdas (smart campus), desa cerdas (smart village), dan berbagai komunitas cerdas lainnya.


Lantas Bagaimana Dengan Indonesia?

Seperti dirilis dalam laman resmi KOMINFO , Indonesia kini betengger di posisi 5 besar sebagai pengguna internet terbanyak setelah China, India, Amerika Serikat, Brasil dan Jepang. Dari 132 juta pengguna internet yang aktif atau sekitar 52% dari jumlah penduduk yang ada, sekitar 129 juta memiliki  akun media sosial aktif dan rata-rata menghabiskan waktu 3,5 jam per hari untuk konsumsi internet melalui handphone. Sementara Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam hasil surveinya mengungkapkan adalah tiga (3) media sosial yang paling banyak dikunjungi. Menurut survei tersebut, Facebook berada di posisi pertama sebagai media sosial yang paling banyak menyedot pengguna internet Indonesia, dengan 71,6 juta pengguna (54 persen). Kemudian di tempat kedua, media sosial untuk berbagi foto dan video pendek Instagram berhasil merebut hati para pengguna internet Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 19,9 juta (15 persen). Media sosial berikutnya yang paling banyak dikunjungi pengguna internet Indonesia adalah YouTube. Layanan berbagi video tersebut mengantongi 14,5 juta (11 persen).

http://tekno.liputan6.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik manfaat internet, juga menimbulkan banyak dampak yang mengkhawatirkan, mulai dari penyebaran berita hoax, pornografi, kasus penipuan, kekerasan hingga bullying yang semua bermula dari dunia maya. Bahkan tak sedikit yang terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib karena dianggap mengunggah kalimat bernada kebencian atau hatespeech. Padahal jika disadari, dunia maya maupun nyata sebenarnya tidak jauh berbeda, sama-sama sebuah media interaksi. Menjaga etika dan kesopanan, bertanggung jawab, tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain tentunya akan membawa banyak manfaat yang positif dan baik juga.

Akses Internet yang luas memberikan kebebasan berekspresi yang besar. Sementara Jaringan pertemanan via media sosial justeru akan  memancing peluang untuk lebih produktif, kreatif dan inovatif. Namun sangat disayangkan karena masih banyak orang terutama kaum muda yang hanya menggunakan jejaring sosial secara mainstream sebagai media hiburan saja. Padahal jejaring sosial dibuat dan dikembangkan oleh pembuatnya untuk berbagai manfaat yang lebih efektif dan positif, baik dalam hubungan sosial, relasi kerja hingga sumber informasi

Harry Van Jogja adalah satu dari sekian banyak sosok inspriratif yang terlahir dari kemampuannya menguasai jejaring sosial. Berprofesi sebagai pengayuh becak, tak lantas menjadikan harry merasa sebagai kaum termarginalkan. Berbekal semangat untuk terus eksis ditengah gempuran globalisasi, pria bernama lengkap Blasius Harry ini mencoba membuka cakrawala dengan mengakrabi dunia maya. Produktifitasnya kian tak terbendung setelah bapak 3 anak ini berkenalan dengan social media marketing. Becak dan Jogja menjadi kata kunci tempatnya mengais rejeki. Di jagad maya, dia sering bercerita tentang wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata kuliner yang ada di Jogjakarta, membuat banyak orang tertarik berwisata ke kota gudeg. 

http://www.kompasiana.com

Berkat jasanya pula, pamor kota jogja kian terangkat ke permukaan. Tak cukup hanya berkutat di dunia maya, Harrypun sukses melahirkan karya ‘’The Becak Way, Ngudoroso Inspirasi di Jalan Becak ‘’. Buku ini merupakan cerminan filosofi banyu milik Harry Van Jogja, “Air yang tidak mengalir berarti menggenang dan cenderung cepat menjadi keruh. Tetapi air yang mengalir akan selalu segar dan jernih.” Harry Van Jogja berpendapat bahwa kunci kebahagiaan ialah belajar dari orang lain dan bukan mencoba menggurui orang lain. So sweet kan...

Sejalan dengan program pemerintah yang tak henti mengkampanyekan pemanfaatan internet secara sehat, cerdas dan produktif, maka kitapun dapat  berkontribusi di berbagai jejaring sosial untuk meningkatkan produktivitas dengan berbagai cara, antara lain :

Sumber Ide dan Inspirasi
Ide dan inspirasi bisa didapatkan dari mana saja. Media sosial adalah salah satu sumber terbaik yang bisa anda coba. Misal, kita ingin mencari ide konten untuk ditulis di blog pribadi. Agar bisa dinikmati oleh banyak orang, tentu konten yang kita tulis harus menarik atau istilah sekarang “viral”. Pembaca juga harus bisa menemukan apa yang mereka cari melalui konten yang kita tulis. Nah, kita bisa mengetahui hal tersebut dari media sosial. Karena mayoritas media sosial telah dilengkapi dengan fitur search yang memudahkan pencarian topik tertentu.

Membuat Resume Secara Online di Jejaring Sosial
Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang ingin melihat reputasi calon karyawannya secara online melalui berbagai jejaring sosial. Dan jejaring sosial yang anda miliki dapat anda gunakan untuk membuat resume atau lamaran pekerjaan agar perusahaan yang ingin menjadikan anda sebagai calon karyawannya dapat melihat reputasi anda secara online serta dapat lebih mempertimbangkan anda untuk menjadi karyawan mereka. Salah satu layanan yang dapat anda gunakan untuk membuat resume anda dan bisa anda bagikan di berbagai jejaring sosial adalah sebuah website yang beralamat di www.Enthuse.me

Jejaring Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Kepada Teman Ataupun Rekan Kerja
Anda seorang pekerja yang dituntut untuk bekerja secara tim? akun jejaring sosial yang anda miliki dapat bermanfaat untuk tetap menjaga komunikasi kepada tim anda walaupun Anda sedang tidak berada di kantor. Dengan tetap menjaga komunikasi kepada rekan kerja anda, anda dapat berdiskusi bersama untuk menyelesaikan proyek yang sedang anda tangani. Namun jika anda belum bekerja, jejaring sosial juga dapat membantu anda untuk tetap menjaga komunikasi kepada teman-teman lama anda. Dengan tetap menjaga komunikasi kepada teman-teman lama anda, anda dapat mendapatkan berbagai informasi apapun yang anda butuhkan termasuk masalah pekerjaan.  

Jejaring Sosial Sebagai Sarana Untuk Promosikan Hasil Karya Anda
Jika anda menggeluti bidang fotografer, desain grafis,atau anda merasa memiliki potensi di bidang kepenulisan, berbagai fitur upload yang tersedia di berbagai jejaring sosial dapat membantu mempromosikan hasil karya Anda.  Semakin banyak orang melihat hasil karya anda, lambat laun reputasi anda akan meningkat dan tentunya akan lebih banyak mendapat kesempatan memperoleh penghasilan.
  
Membangun Networking Tanpa Batas
Bertahun-tahun lalu, networking banyak dilakukan secara tatap muka, baik bertemu secara langsung di restoran atau melalui sambungan telepon. Kini, sudah banyak networking yang terjadi secara online, baik melalui tweet atau email. Anda juga bisa menginisasi terjadinya networking dengan membalas tweet seseorang atau meninggalkan komentar pada salah satu tulisan mereka di blog.

Meningkatkan brand awareness serta promosi dengan biaya yang sangat minim
Dengan bantuan dari sosial media anda mampu membuat bisnis yang sedang anda jalani lebih meningkatkan brand awareness dengan biaya yang sangat minim. Anda hanya memerlukan waktu luang saja untuk memasarkan produk-produk anda melalui sosial media. Dengan waktu yang sangat singkat, serta dengan proses cepat dan juga tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga anda sudah bisa memasarkan produk anda. Tentunya hal ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik, daripada memasarkan produk melalui iklan. Anda hanya memerlukan konten yang menarik serta memiliki kualitas yang bagus untuk memposting foto dari produk yang anda pasarkan, sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli produk maupun memakai jasa anda.


Social media membantu konsumen menjangkau bisnis anda
Dengan memanfaatkan aplikasi sosial media tersebut konsumen juga bisa melakukan pencarian terhadap produk maupun jasa yang mereka butuhkan. Cukup mengklik tombol share kepada setiap pengguna akun sosial media, berbagai macam produk yang anda posting akan langsung muncul secara otomatis pada time line follower anda, dan keuntungan lainnya, hal tersebut akan meningkatkan traffic ke website untuk kelancaran bisnis anda dikemudian hari.

Pada akhirnya, social media apapun bentuknya hanyalah katalis untuk mempercepat pekerjaan, mempermudah sesuatu, dan mempersingkat waktu. Terlepas bagaimana kita memperlakukannya, social media bisa menjadi mitra yang membuat hidup anda lebih produktif atau justeru destruktif sekedar kawan melepas lelah, pilihan ada di tangan anda. 

Referensi : 


Data Pengguna Internet Tahun 2017   



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.