Diet Sehat Ala Gorry Gourmet


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Selain mengatur pola makan, latihan fisik, berbagai metode diet menjadi pilihan menggiurkan terutama bagi kaum hawa. Mulai diet obat, olahraga ekstrim hingga program pelangsingan tubuh yang menghabiskan dana tidak sedikit.  

Tapi tahukah anda, tidak semua program diet sesuai dengan kebutuhan tubuh. Penurunan berat badan secara cepat justru akan berdampak naik turunnya berat badan yang biasa disebut dengan fenomena yoyo syndrom. Potensi terjadinya yoyo syndrom terjadi karena tubuh belum beradaptasi terhadap pola diet atau pola makan baru yang dijalani, yang mengakibatkan berat badan turun dalam waktu yang singkat tetapi akan naik kembali beberapa kilogram berat badan tubuhnya lebih dari berat badan sebelum melakukan diet (kegemukan). Bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, akibat salah diet bisa berakibat kekurangan nutrisi dalam jenis dan jumlah yang tepat dapat menganggu pertumbuhan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bulimia dan anoreksia nervosa merupakan keadaan buruk lainnya akibat ingin kurus, sehingga menolak makan atau memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan sehingga tubuh bisa anemia, kekurangan gizi hingga menyebabkan kematian. 

Kondisi Penderita Bulimia : http://www.wikihow.com

Penduduk pulau Okinawa, Jepang, dikenal karena rerata usia mereka yang panjang, bahkan banyak yang berusia hingga >100 tahun (centenarian). Risiko mereka terhadap penyakit akibat penuaan pun rendah. Ditengarai, ini karena pola makan mereka: makanan tradisional yang rendah kalori dan kaya nutrisi, terutama antioksidan dan flavonoid. Pola makan mereka diteliti, dan dirumuskanlah “Piramida Makanan Okinawa” 
Piramida Makanan Okinawa : http://otcdigest.id
Berbeda dengan piramida makanan pada umumnya, di kaki piramida atau bagian paling bawah, terdapat dua jenis makanan. Yakni karbohidrat utamanya jenis kompleks (tinggi serat) dan sayuran, masing- masing 7 – 13 porsi. Di atasnya yakni buah, sumber flavonoid seperti kedelai, dan sumber kalsium, masing-masing 2 – 4 porsi. Tingkat atasnya lagi diisi dengan sumber omega-3 seperti ikan dan kacang-kacangan, 1 – 3 porsi. Di atasnya, minyak sayur dan kondimen (bumbu, rempah dan sejenis sambal/saus), 1 – 2 sendok makan. Semua ini dikonsumsi setiap hari. Dua tingkat teratas Piramida cukup dikonsumsi seminggu sekali. Yakni daging merah, telur dan unggas. Puncak Piramida (bagian terkecil) ditempati makanan manis seperti es krim dan kue-kue.

Pada prinsipnya diet penurunan berat badan adalah membatasi konsumsi makanan sampai di bawah kebutuhan ideal tubuh. Dengan demikian, kekurangan sumber energi dari makanan, terpaksa dipenuhi dari cadangan lemak dalam tubuh, sehingga timbunan lemak berkurang. Bila proses seperti ini berlangsung beberapa lama, berarti timbunan lemak menipis dan akan tercapai berat badan ideal. 

Beberapa Macam Diet Kekinian yang Saat Ini Menjadi Viral antara lain

Diet Mayo
Diet mayo sebenarnya diprakarsai oleh sebuah klinik yang berlokasi di Amerika Serikat, Mayo Clinic. Cara kerja program pelangsingan badan ini agak berbeda dari metode diet lainnya, yaitu dengan puasa garam selama 13 hari penuh. Garam di sini bisa berarti dalam arti sesungguhnya maupun makanan lain yang memiliki rasa asin. Lalu mengapa garam yang mereka pilih sebagai ‘musuh utama’? Alasannya sederhana, karena garam bersifat menahan air dalam tubuh. Ketika ada terlalu banyak air yang tidak bisa keluar dari tubuh, maka otomatis itu akan membuat berat tubuh seseorang semakin bertambah. Dalam proses selama 13 hari tersebut, nantinya seluruh garam beserta air akan keluar dari tubuh melalui urin dan feses. Ketika tubuh tak lagi memperoleh asupan garam, maka otomatis berat badan akan menyusut. Pihak Mayo Clinic selaku pencetus bahkan berharap agar masyarakat modern saat ini bisa mengadopsi program dietnya sebagai gaya hidup yang baru dan sehat. Hal ini mengingat tujuan diet mayo cukup sederhana yakni mengubah kebiasaan lama yang buruk seperti jarang sarapan, kebiasaan makan di depan TV, pemilihan menu yang seringkali kurang kaya serat, hingga lalai berolahraga secara rutin. 

Diet Ketogenic
Diet ketogenic, atau juga disebut “keto”, sebenarnya pola makan lama, tapi kini menjadi sangat populer. “Diet ketogenic awalnya terlihat seperti hanya menghindari gula, tapi kenyataannya pola sesungguhnya adalah konsumsi lemak tinggi dan menghindari berbagai jenis karbohidrat yang memicu glukosa tinggi di dalam darah. Target dari diet keto adalah membatasi karbohidrat sehingga tubuh mampu beralih menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama. Konsumsi makanan tinggi lemak dan menghindari karbohidrat akan menempatkan tubuh Anda dalam metabolisme keton yang disebut ketosis. Dengan minimnya asupan karbohidrat, jumlah kalori akan turun dan otomatis berat badan akan  berkurang. Program diet ini membuat orang cepat kurus, mengingat asupan karbohidrat dibatasi. Biasanya hanya dianjurkan hanya mengkonsumsi buah dan sayur, sehingga asupan kalori sangat minim dan tubuh pun banyak kehilangan air dan sudah tentu berat badan ikut turun. 

Faktanya, porsi terbesar kebutuhan kalori tubuh justeru dipenuhi oleh karbohidrat, yang juga merupakan komponen zat gizi / nutrien terbanyak dalam makanan sehari-hari dan terjangkau oleh masyarakat luas. Dalam diet seimbang di Indonesia, dianjurkan 50-60% kebutuhan kalori berasal dari karbohidrat. Kegunaan utama dari karbohidrat adalah sebagai sumber utama energi, kegunaan lainnya adalah sebagai energi cadangan, komponen struktur sel, dan sumber serat. Tanpa karbohidrat tubuh akan lemas, tidak mampu beraktivitas, dan sulit berkonsentrasi. Akibatnya, berat badan akan rentan kembali naik, melebihi sebelum melakukan diet / yoyo syndrome(turun naiknya berat badan)

Diet Tinggi Karbohidrat
Diet jenis ini mensyaratkan mengurangi asupan lemak, terutama daging, tetapi memperbolehkan mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Asumsinya , lemak lebih cepat membuat orang gemuk karena 1 gram lemak menghasilkan 9 kkal, sedangkan 1 gram karbohidrat menghasilkan 3.75 kkal. Program diet ini memang ada nilai lebihnya bagi orang dewasa dan usia lanjut, terutama untuk kesehatan jantung. Namun, dengan membatasi lemak, tubuh beresiko kekurangan vitamin yang larut dalam lemak. Selain itu rendahnya asupan lemak akan menyebabkan gangguan saraf dan psikis.  

Diet Tinggi Protein
Jenis diet ini dapat menghilangkan berat badan secara drastis dalam sekejap, yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat dan membebaskan asupan protein dan lemak. Asumsi yang mendasari diet ini adalah dengan menekan asupan karbohidrat, gula darah menurun dan insulin yang dihasilkan pankreas akan berkurang. Dengan begitu, tubuh tidak dapat memproses dan mengubah lemak atau protein dari makanan menjadi gula. Tubuh pun akan memaksa membakar persediaan lemak tubuh. Berat badan bisa hilang dalam sekejap, karena saat mengkonsumsi lemak, tubuh akan cepat merasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan untuk makan dan asupan kalori berkurang. Namun, Konsumsi lemak yang berlebihan, kurang menguntungkan karena dapat mengakibatkan timbunan lemak yang mengakibatkan kegemukan ataupun dapat terjadi sumbatan pada saluran pembuluh darah jantung.

Diet Berdasarkan Golongan Darah
Diet berdasarkan golongan darah dilakukan dengan cara alami yaitu dengan mengamati cara kerja dan sifat dari setiap golongan darah. Menurut pencetusnya, dr. D’Adamo, kemampuan seseorang mencerna makanan bervariasi, tergantung pada golongan darah masing-masing. Setiap golongan darah memiliki kadar asam lambung dan kadar enzim pencernaan yang berbeda. Perbedaan ini yang berpengaruh pada bagaimana makanan itu dicerna dan diserap serta bagaimana lemak dimetabolismekan oleh tubuh. Sebagai contoh orang dengan golongan darah A memiliki kadar asam lambung yang rendah sehingga tidak dapat mencerna daging dengan sempurna sehingga daging yang tidak dapat tercerna akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Sedangkan orang yang memiliki golongan darah O dapat mencerna daging dengan sempurna karena mereka cenderung memiliki kadar asam lambung yang tinggi. Dalam sel darah merah terdapat antigen, apabila darah mengangkut sesuatu maka akan diidentifikasi sebagai kawan atau sebagai lawan. Demikian juga setiap kandungan pada makanan yang kita konsumsi dan diangkut oleh darah maka akan diidentifikasi sebagai kawan yaitu yang bermanfaat bagi tubuh atau sebagai lawan yaitu yang merugikan tubuh. Setiap makanan yang masuk dalam tubuh akan mempengaruhi metabolisme dan komposisi darah. Hal ini berpengaruh terhadap keseimbangan daya tahan tubuh.

Mengapa Harus Gorry Gourmet?



Dalam melakukan diet sehat, jumlah makanan yang dikonsumsi harus dibatasi. Namun, sama sekali tidak ada makanan yang perlu dihindari apalagi dipantang. Pastikan dalam makanan tersebut terdapat kandungan aneka gizi, terutama protein. Karena protein merupakan unsur gizi yang sangat penting, fungsi nya mengganti sel -sel tubuh yang rusak, memperbaiki jaringan tubuh, dan membantu pembentukan hormon. Sebisa mungkin utamakan makanan sehat yang segar dan alami daripada makanan olahan yang tidak jelas proses serta komposisi yang digunakan. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan porsi normal, sedikit demi sedikit kurangi porsi makan menjadi ¾ porsi sampai ½ porsi normal.  Selama diet dilakukan secara proporsional dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan tubuh, diet bisa membuat berat badan berkurang dan tubuh tetap sehat. 

Jika anda menginginkan menu diet seimbang namun tetap nikmat disantap maka Gorry Gourmet catering online Jakarta, menjadi solusi tepat untuk anda yang ingin menurunkan berat badan secara aman. Diracik oleh chef profesional berkelas internasional serta divalidasi kandungan nutrisinya oleh tim dokter gizi berpengalaman, Gorry Gourmet berkomitmen menghadirkan ragam makanan sehat namun tetap kaya cita rasa dengan pilihan masakan nusantara maupun mancanegara.  Tidak hanya untuk anda yang sedang menjalankan program diet, bagi anda yang memiliki masalah kolesterol, diabetes, autisme atau sedang ingin program pembentukan otot bak binaragawan, Gorry Gourmet siap menjadi mitra sehat anda. 

Weight Loss 
Program ini dirancang dengan jumlah kalori per serving yang tidak melebihi 550 kalori, kaya serat dan rendah lemak. Anda hanya perlu konsumsi program Weight (Fat) Loss dari Gorry Gourmet untuk menurunkan berat badan hingga 3 kg per minggunya. Berbeda dari diet mayo dan makanan untuk diet lainnya, Gorry Gourmet menggunakan berbagai bahan pilihan dan bumbu yang diawasi secara ketat penggunaannya oleh tim ahli gizi Gorry Gourmet. Menu-menu yang disajikan pun bervariasi: asian, western, italian dan juga berbagai menu kreasi dari chef Gorry Gourmet yang handal.

Muscle Building
Muscle Building Program by Gorry Gourmet  menyiapkan kebutuhan makanan kaya protein lengkap dengan komposisi karbohidrat dan lemak untuk Anda yang sedang menjalani program pembentukan otot atau sedang menaikan massa otot. Bukan hanya lezat, Gorry Gourmet juga memperhatikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk otot anda yang diawasi serta dihitung secara cermat oleh tim ahli gizi profesional.

Gorry Petite
Tidak hanya menyajikan pilihan menu untuk orang dewasa, Gorry Gourmet juga menyajikan berbagai menu sehat dan lezat untuk buah hati hati anda yang berusia usia 2 - 5 tahun. catering anak ini menggunakan bahan berkualitas tinggi kaya nutrisi, Omega-3, EPA, DHA, LA, ALA dan zat besi yang baik untuk perkembangan sel otak anak dan meningkatkan kecerdasan. Dengan penyajian sayuran dan buah-buahan yang menarik, seluruh menu Gorry Petite juga kaya akan vitamin A, C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga cocok untuk bekal anak anda beraktifitas.
                                                                                                                
Low Carbs 
Tidak hanya menyajikan pilihan menu untuk orang dewasa, Gorry Gourmet juga menyajikan berbagai menu sehat dan lezat untuk buah hati hati anda yang berusia usia 2 - 5 tahun. catering anak ini menggunakan bahan berkualitas tinggi kaya nutrisi, Omega-3, EPA, DHA, LA, ALA dan zat besi yang baik untuk perkembangan sel otak anak dan meningkatkan kecerdasan. Dengan penyajian sayuran dan buah-buahan yang menarik, seluruh menu Gorry Petite juga kaya akan vitamin A, C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga cocok untuk bekal anak anda beraktifitas. 

Snack and Drink
Gorry Gourmet memberikan pilihan snack dan paket minuman sehat dengan bahan-bahan unik yang alami. Mulai dari paket susu untuk stimulasi ASI, pereda nyeri menstruasi, bahkan martabak rendah kalori yang tidak kalah lezat!

Kini anda tak perlu bingung lagi dengan menu diet sehat. Pastikan Weight Management Program dari Gorry Gourmet menjadi santapan harian anda dan dapatkan tubuh ideal tanpa cemas program penurunan berat badan yang menyiksa. Anda dapat memesan secara online melalui: website: www.gorrygourmet.com, phone: +6221-533-1956, whatsapp/ SMS: +62812-8513-0917 dan email: hello@gorrygourmet.com atau gorry.gourmet@gmail.com

Referensi :

Piramida Makanan Okinawa
Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya?
Bersumber dari: Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya? - Mediskus
Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya?
Bersumber dari: Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya? - Mediskus
Apa Itu Diet Mayo?
Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya?
Bersumber dari: Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya? - Mediskus
Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya?
Bersumber dari: Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya? - Mediskus
Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya?
Bersumber dari: Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya? - Mediskus
Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya?
Bersumber dari: Apa itu Diet Mayo? Bagaimana Cara Sukses Melakukannya? - Mediskus

 makanan sehat membuat hidup Anda lebih mudah!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.