ASUS Zenbook DUO (UX8406) Dukung Profil Pelajar Pancasila, Makin Cerdas Digiital



''Harus ekstra sabar menghadapi anak jaman now, sepanjang hari kerjaannya main gadget mulu, nggak bisa dibilangin. susah ngontrolnya!" 


Hayoo siapa yang punya pengalaman seperti diatas? Itu hanya satu dari sekian banyak keluhan emak-emak selain harga kebutuhan pokok yang terus melambung. he..he... 



Sejak bendera pandemi berkibar, hampir semua para ibu nggak berhenti curhat perkara anak yang nggak bisa lepas dari gadget. Belum lagi yang sudah taraf kecanduan game online. Ini sih ngeri. Kalo judulnya udah kecanduan solusinya yah harus sama ahlinya. 


Memang betul. Susah-susah gampang menjadi orang tua generasi Alpha. 


Generasi Alpha? 


Yap, generasi alpha mereka adalah generasi setelah milenial yang lahir pada rentang tahun 2010 sampai 2025. Artinya hari ini mereka setingkat siswa SD dan SMP.




Dilansir dari "Menjadi Pembimbing Retret bagi Orang Muda di Zaman Generasi Z dan Alpha" oleh Paul Suparno (2022: 20-21), karakteristik atau ciri-ciri generasi alpha secara umum ialah sebagai berikut. 

 

1. Mempunyai Komunikasi yang Luas

Tidak sedikit anak generasi Alpha mempunyai jaringan komunikasi yang luas, karena penggunaan smartphone. Dengan bantuan smartphone dan internet mereka lebih bebas berkomunikasi dengan siapa saja tanpa mengenal adanya batasan jarak dan usia.

 

2. Multitasking

Generasi apa terbiasa untuk multitasking atau melaksanakan berbagai aktivitas dalam waktu bersamaan contohnya mereka mampu membaca menonton berbicara dan mendengar musik di waktu yang sama Oleh karena itu Mereka sangat sangat ingin segala sesuatu cepat selesai. 


3.Ingin Kebebasan

Anak-anak pada generasi Alpha sangat menginginkan kebebasan dan memilih hidupnya sendiri. Biasanya anak-anak ini suka menentukan sesuatu hal sendirian, sesudah itu baru memberitahu orang tua atau orang terdekatnya anak-anak ini juga cenderung susah atau tidak mau diatur, terlebih apabila aturannya tidak masuk akal untuk mereka.

 

4. Open Minded, Transformatif, dan Inovatif

Anak-anak di generasi ini pada umumnya mempunyai cara berpikir yang terbuka transformatif dan inovatif kebutuhan mereka sangat gampang terpenuhi dengan adanya bantuan dari teknologi. 

 

5. Ambisius

Anak-anak di generasi Alpha mempunyai ambisi tinggi untuk mencapai keberhasilan dalam hidupnya, dan juga memiliki kepercayaan diri yang kuat. Hal itu disebabkan karena mereka mempunyai lebih banyak akses kepada informasi.

 

6.Kebanyakan Selalu Melanggar Aturan

Mayoritas dari anak generasi Alpha menganggap bahwa aturan adalah sesuatu yang tidak harus selalu ditaati. Terlalu banyak batasan justru membuat mereka semakin menunjukkan dirinya untuk memberontak.


Era Digital Jangan Sampai Anak Kena Mental 


Jika melihat fenomena saat ini, baik itu di daerah perkotaan, pinggiran kota bahkan hingga pedesaan, wilayah yang telah terjangkau sinyal internet, dengan sendirinya akan akrab dengan penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk kalangan anak-anak, remaja hingga usia muda. Jika merujuk data we are social yang dilansir pada januari 2023, lima top website yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia adalah google.com, youtube.com, facebook.com, Instagram.com dan twitter.com.


Youtube sendiri telah menjadi pilihan hiburan semua kalangan masyarakat dan mulai menggeser kedudukan televisi. Bagi orang tua yang sibuk bekerja, youtube tentu memberikan solusi yang terlihat baik saat harus meninggalkan anak bermain sendirian. Dengan memberikan akses menonton youtube pada anak, orang tua tidak perlu khawatir anak bermain kesana-kemari atau keluar ke jalanan. Pilihan tontonan youtube yang edukatif juga membuat orang tua merasa telah memberikan hiburan yang sekaligus pendidikan bagi anaknya.


Oleh sebab itu peran orang tua sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai moral dasar sejak awal kepada anak mereka yang lahir di generasi Alpha karena dengan peran orang tua yang baik merupakan menjadi bekal mereka untuk bertahan dalam kehidupan yang sangat cepat berkembang. 


Mendampingi Anak Di Era Digital



Mendukung anak-anak di era digital adalah tanggung jawab penting orang tua. Dalam proses ini, penting untuk menemukan keseimbangan antara mengakui dan melindungi teknologi serta mendidik tentang penggunaan positif dan batasan wajarnya.



Tahap 1 : Pengenalan Teknologi dan Perlindungan

Sebelum mengenalkan anak pada teknologi, orang tua harus memastikan bahwa perangkat yang di gunakan anak aman dari konten yang tidak pantas atau bahaya online. Lakukan langkah-langkah perlindungan seperti menggunakan kontrol parental dan mengatur hak akses sehingga anak terlindungi dari konten yang berpotensi merugikan.


Tahap 2 : Edukasi tentang Pemanfaatan Teknologi

Di era digital ini, sangat penting untuk mendidik anak-anak tentang penerapan positif teknologi dan manfaat yang dapat dihasilkannya. Ajak anak untuk mengikuti kegiatan yang menggabungkan teknologi dan edukasi, seperti bermain game edukasi, mengikuti kelas daring, atau menonton video pembelajaran.



Tahap 3 : Komunikasi dan Keterlibatan Orang Tua

Orang tua perlu menjalin komunikasi yang baik dengan anak berkaitan dengan penggunaan teknologi. Berbicara tentang aktivitas mereka di dunia maya, minat, dan kekhawatiran yang ada.



Tahap 4 : Batasan Waktu dan Keseimbangan

Mengatur waktu dan keseimbangan penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari anak adalah kunci untuk mencegah ketergantungan. Tetapkan batasan waktu tertentu untuk penggunaan gadget atau internet, serta ingatkan anak untuk melakukan kegiatan di luar ruangan atau interaksi sosial di dunia nyata. Keseimbangan ini akan membantu anak tumbuh dan berkembang dengan baik.


Tahap 5 : Menghadapi Tantangan serta Memberikan Solusi

Di era digital, anak-anak menghadapi banyak tantangan seperti cyberbullying, paparan konten negatif, dan privasi data. Ketika anak mengalami masalah ini, orang tua harus siap untuk membantu memberikan solusi. Ajari anak untuk melaporkan konten yang merugikan atau menghapus akun yang mencurigakan, serta menjaga informasi pribadi dengan bijaksana.


Media Digital sebagai Penerapan Profil Pelajar Pancasila


Profil Pelajar Pancasila adalah karakteristik yang dimiliki oleh setiap pelajar Indonesia untuk terus belajar sepanjang hayat dengan kompetisi global, tetapi tidak melupakan Pancasila sebagai jati diri bangsa. Profil Pelajar Pancasila ini memiliki enak karakteristik : beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 



Generasi saat ini dituntut untuk memiliki keterampilan abad 21, dimana mereka sudah mampu menggunakan teknologi dalam kehidupannya sehari-hari. Generasi yang memiliki kemampuan berteknologi yang sudah mendarah daging. Generasi yang melek akan teknologi. Namun selain memiliki keterampilan abad 21, generasi saat ini juga dituntut untuk tetap memiliki profil pelajar Pancasila, sebagai ciri dari generasi bangsa Indonesia. Sebuah situasi yang amat bertolak belakang. Sebuah generasi yang melek teknologi namun tetap memiliki adab yang menjunjung tinggi nilai Pancasila.


Mengingat karakteristik generasi alpha yang sangat tergantung dengan teknologi dan terlahir di masa digital, penerapan Profil Pelajar Pancasila, tentu akan semakin mudah jika meggunakan media digital. 




Tak heran, perangkat Laptop saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi pelajar di berbagai tingkatan pendidikan. Mengapa kehadiran fenomena ini tak lepas dari kemajuan teknologi dan digitalisasi pembelajaran.


Berikut adalah beberapa manfaat penting laptop bagi pelajar:


Akses Informasi dan Sumber Belajar

Laptop memungkinkan pelajar mengakses berbagai sumber belajar secara daring, seperti perpustakaan digital, jurnal ilmiah, dan materi pelajaran tambahan. Ini membantu pelajar meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.


Peningkatan Keterampilan Teknologi

Laptop dapat digunakan untuk mempelajari program dan aplikasi yang relevan dalam dunia pendidikan dan pekerjaan. Ini membantu pelajar mengembangkan keterampilan mengetik, presentasi, dan komunikasi digital, serta beradaptasi dengan teknologi terbaru.


Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Belajar

Laptop memungkinkan pembuatan catatan digital yang terorganisir dan mudah diakses, membantu pelajar menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, laptop memfasilitasi penyelesaian tugas dan proyek secara daring, mengurangi ketergantungan pada pendekatan berbasis kertas dan menghemat biaya.


Memperkaya Pengalaman Belajar. Laptop memungkinkan mengapa kehadiran akses dan interaksi dengan materi pelajaran secara interaktif, mendukung pemahaman mendalam. Penggunaan aplikasi dan program untuk visualisasi dan simulasi juga dapat membantu pelajar mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis.


Berikut tips cara memilih laptop untuk pelajar


1.Pertimbangkan kebutuhan pelajar 

Cara memilih laptop untuk anak sekolah yang pertama adalah mempertimbangkan kebutuhan pelajar. Tentu setiap pelajar memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Biasanya anak Sekolah dasar  hanya membutuhkan laptop untuk tugas dasar seperti menulis, desain, menjelajah internet atau membuka dokumen.


2. Pilih yang lebih fleksibel dibawa 

Selain memperhatikan kebutuhannya, cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa maupun pelajar adalah memilih yang lebih fleksibel dibawa. Fleksibel tidak selalu berarti kecil. Ukuran yang besar pun bisa fleksibel apabila ringan dan tipis. Tetap mudah dibawa.

Mengapa Anda harus memilih yang fleksibel? Sebab sebagai pelajar maupun mahasiswa mobilitasnya sangat tinggi. Perangkat pembelajaran termasuk laptop harus dibawa kemanapun ia pergi, ke sekolah, ke rumah teman untuk belajar kelompok dan lain sebagainya. 


3. Perhatikan spesifikasi teknis

Spesifikasi teknik perlu diperhatikan seperti RAM, processor, penyimpanan, grafis, hingga sistem operasi. Prosesor adalah otak dari laptop dan mempengaruhi kecepatan pemrosesan data. Prosesor Intel Core i5 atau i7 (atau setara dari produsen lain seperti AMD Ryzen 5 atau 7) umumnya memberikan kinerja yang baik untuk berbagai tugas, termasuk multitasking, pemrograman, desain grafis, dan gaming.

Sementara itu, RAM mempengaruhi kemampuan laptop untuk menjalankan banyak aplikasi dan tugas secara bersamaan. Setidaknya 8GB RAM direkomendasikan untuk kebanyakan pelajar atau mahasiswa, tetapi jika Anda melakukan tugas-tugas yang lebih intensif seperti pemrograman atau desain grafis, 16GB atau lebih mungkin diperlukan.

Selain itu, sebisa mungkin pilihlah laptop yang dilengkapi dengan sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan seperti Windows, macOS, atau distribusi Linux tertentu. Spesifikasi teknis perlu diperhatikan saat  hendak membeli laptop. 


4. Cari yang daya tahan baterainya tinggi 

Laptop merupakan salah satu barang kebutuhan sekolah yang harus disiapkan. Salah satu cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa dan pelajar adalah mencari yang daya tahan baterainya tinggi. Hal ini karena laptop mahasiswa dan pelajar tidak bisa terhubung dengan listrik 24 jam.

Meski saat ini sudah banyak tempat, cafe, atau pun co-working space yang menyediakan colokan listrik namun tentu akan sangat repot membawa charger saat bepergian. Daya tahan baterai yang tinggi memudahkan segala aktivitas Anda di luar rumah. 


5. Cek konektivitas 

Konektivitas yang baik pada laptop pelajar sangat penting agar produk dapat terhubung dengan perangkat lain, mengakses sumber daya online, dan berbagi informasi dengan mudah. Fitur konektivitas seperti Wifi, bluetooth, HDMI , USB dan kartu SD.


6. Perhatikan kualitas layar dan keyboard 

Layar dan keyboard berkualitas sangat penting untuk laptop pelajar dan mahasiswa mengingat banyak waktu mereka yang dihabiskan di depan perangkat satu ini. Pilih laptop dengan resolusi layar yang tinggi, seperti Full HD (1920x1080) atau lebih baik, untuk tampilan yang tajam dan jelas. Resolusi yang tinggi memungkinkan Anda melihat detail dengan lebih baik, terutama saat bekerja dengan konten visual atau melakukan multitasking.


Untuk keyboard, pilih laptop dengan keyboard yang memiliki tombol dengan perjalanan yang cukup dan respons yang baik. Ini akan memungkinkan tangan mengetik dengan nyaman dan memberikan umpan balik yang jelas saat tombol ditekan. Sehingga tentu lebih mudah saat dioperasikan. 


7. Sesuaikan dengan budget 

Terakhir, adalah menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Sebab laptop jenis apapun, jika tidak ada budget yang pas dan Anda cenderung memaksakan maka hal tersebut hanya akan menyulitkan diri sendiri.


Semua kembali lagi pada kebutuhan masing-masing, spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan tergantung pada diri Anda masing-masing. jadi tidak semua orang membutuhkan satu laptop rekomendasi yang sama.


Alasan ASUS Menjadi Pilihan banyak orang



Kepemimpinan ASUS di pasar laptop Indonesia selama 10 tahun terakhir tidak terlepas dari kualitas produk. ASUS telah menghadirkan banyak sekali inovasi teknologi sepanjang 10 tahun terakhir mulai dari laptop ultra-ringkas dengan bezel layar tipis, laptop layar ganda, hingga laptop berperforma tinggi yang khusus dirancang untuk para konten kreator dan gamer.


ASUS juga kembali meraih penghargaan Top Brand 2023. ASUS meraih nilai TBI atau Top Brand Index sebesar 24,4% sehingga menempatkannya pada posisi pertama sebagai merek laptop pilihan masyarakat Indonesia. 




Kualitas 

Produk laptop dari Asus selalu memiliki kualitas yang baik. Asus memang sangat memperhatikan kualitas dari produk mereka.Sebenarnya, hal ini tidak mengherankan karena Asus merupakan merek IT yang sudah terkenal sejak zaman PC. Selain itu, laptop Asus juga terkenal dengan daya tahan motherboard nya. Alhasil, laptop Asus masyarakat anggap kuat. Untuk yang menjadi laptop jangka panjang, Asus mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Tangguh untuk Bermain Game

Kelebihan selanjutnya dari produk laptop ini adalah mumpuni untuk bermain game. Untuk para gamer, laptop ini jadi platform yang sangat mendukung berbagai jenis game.

Sebagian besar produk laptop Asus memiliki kartu grafis dari ATI Radeon serta Nvidia Geforce. Kartu grafis ini terkenal sangat tangguh untuk gaming.

Jadi, siapa saja yang menginginkan laptop berkualitas dan mendukung kegiatan gaming dalam waktu lama, Asus jadi pilihan paling tepat.

Mudah Ditemukan

Selanjutnya, laptop Asus sangat mudah untuk masyarakat temukan. Ada banyak toko offline hingga online yang menjual laptop dari Asus ini.

Hal itu tentu saja karena permintaan yang tinggi. Karena banyak yang mencari laptop Asus, maka banyak juga toko yang menyediakannya.

Jadi, para pengguna tidak perlu pusing memikirkan tempat membelinya. Sebab, hampir semua toko elektronik di Indonesia yang menjual laptop pasti menyediakan produk Asus.

Garansi Cukup Lama

Kelebihan lainnya dari laptop Asus adalah garansinya. Daripada brand lain, Asus memang memberikan jaminan garansi cukup lama untuk penggunanya.

Asus memanjakan para pelanggan dengan pemberian garansi ini. Bahkan, klaim garansi Asus bisa pelanggan lakukan dimana saja, termasuk di luar negeri.


Jadi, sistem dari Asus ini memang sangat memudahkan pelanggannya. Misalnya pengguna sedang berlibur ke luar negeri tetapi laptop mendadak rusak, maka pengguna bisa melakukan perbaikan di negara tersebut dengan bebas biaya.

Harga Relatif Terjangkau

Kelebihan utama yang berpengaruh untuk banyak orang adalah harganya. Laptop Asus memiliki harga cukup murah untuk kualitas mereka.

Sebenarnya, ada laptop Asus yang harganya mahal. Namun, kebanyakan laptop Asus yang orang gunakan relatif terjangkau. Laptop Asus yang mahal umumnya memiliki spesifikasi khusus, seperti Asus ROG. Pada dasarnya, tipe produk dari Asus ini lebih terjangkau daripada brand lain dengan spesifikasi serupa atau tidak jauh berbeda.

Dengan harga jual yang beragam, tentu saja ini memberikan pembeli lebih banyak pilihan. Jadi, banyak orang yang memilih menggunakan brand ini.


Pilihan Varian

ASUS menyediakan berbagai macam varian laptop, mulai dari seri ultrabook yang ringan hingga laptop gaming kelas atas.

Nah, itulah berbagai kelebihan laptop Asus yang menjadi alasan penjualannya tinggi di Indonesia. Untuk yang tengah mencari laptop dengan harga terjangkau tetapi berkualitas, Asus menjadi jawaban yang paling tepat.


ASUS Zenbook DUO (UX8406)


Si bocil yang tidak lagi mungil yang sekarang kelas 4 SD punya impian yang belum.bisa kuwujudkan. Dia bercita-cita ingin jadi gamers handal dimasa depan. Tak heran dia sangat enjoy saat jam pelajaran TIK di sekolahnya. 



Its Ok sebagai ibu aku harus mendukungnya termasuk membelikannya laptop yang handal dan mumpuni. 


Akupun mulai hunting bermacam brand laptop. Dari banyak review yang kubaca,  pilihanku jatuh ke brand ASUS Zenbook DUO (UX8406) 



"Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. 


Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya."


Layar Ganda, Produktifitas Makin Ngegas

Zenbook DUO (UX8406) tampil sebagai laptop layar ganda terbaik untuk kebutuhan multitasking yang luar biasa. Semua Berkat desainnya yang inovatif. Layarnya sendiri masing-masing 14-inci, dengan resolusi 3K dan refresh rate 120 Hz sehingga menghasilkan kualitas warna sangat jelas dan visual halus. 


Makin ngecling dengan warna Inkwell Gray. Ditambah sentuhan Corning Gorilla Glass, layar tidak mudah tergores atau retak akibat benturan ketika dibawah traveling. 



Zenbook DUO (UX8406)  hadir dalam lima skenario penggunaan, sangat fleksibel disegala kondisi:

Dual-Screen Mode:  Mode ini  memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi 

Desktop Mode:  Desktop Mode  menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan

Laptop Mode:  penggunaan ini sangat cocok ketika digunakan di ruang terbatas seperti di dalam pesawat

Laptop Mode with Virtual Keyboard: pengguna Zenbook ldapat menghadirkan keyboard virtual lengkap dengan touchpad virtual

Sharing Mode:    memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah



Belum cukup. Masih ada fitur touchscreen. Rasio layar 16:10 dan screen-to-body ratio laptop 91 persen, Ketika dibentangkan, ukurannya setara dengan 19,8-inci, lebih luas jika dibandingkan dengan laptop standar. Artinya pengguna bersiap karena produktivitas akan makin ngegas. Bikin konten, sekaligus menonton film, bermain games atau mengedit foto. its OK.  


Body Stylish dan Kokoh

Menggabungkan kemampuan multitasking dengan mobilitas yang superior. Zenbook DUO (UX8406) tampil menjadi laptop ringkas dan stylis di kelasnya. Itu tak lain karena Bezel nya yang  tipis, bobot  ringan hanya 1,35 kg, serta dimensinya ringkas dengan ketebalan 14,6 mm. 


Laptop tipis dan stylish memang mempunyai tempat tersendiri bagi pengguna. Selain soal estetika yang enak dipandang, kenyamanan dalam menggunakan dan membawanya pun menjadi nilai lebih.


Jangan lupa laptop ini juga memiliki durabilitas yang tinggi dengan memenuhi standar militer US – MIL-STD810H. Material yang digunakan yaitu Magnesium-Aluminum Alloy, Selain memberikan kesan mahal, ia juga merupakan bahan paling kokoh tanpa mengorbankan sisi bobot.


Mata Nyaman Berlama-lama di depan Layar

Layar OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah teknologi layar yang menggunakan lapisan tipis dari bahan organik yang dapat menghasilkan cahaya sendiri tanpa perlu lampu latar.


Ia memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan layar IPS (In-Plane Switching) yang masih membutuhkan lampu latar untuk menampilkan gambar.



Lumina OLED Zenbook DUO (UX8406) memberi pengalaman terbaik dari berbagai sisi mulai kenyamanan, peningkatan produktivitas, hingga menjaga kesehatan mata dari paparan sinar biru. 


Reproduksi warna terbaik dan akurat. berasal dari color gamut 100 persen DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display. Sementara Untuk melindungi mata dari paparan sinar biru, fitur EyeCare nya telah bersertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TUV Rheinland. 


Teknologi HDR bersertifikasi VESA juga memberikan tampilan yang lebih detail pada area warna yang terlihat gelap berkat kontrasnya yang tinggi.



Saat menulis, menggambar, atau memberi tanda di aplikasi apa pun ASUS Pen 2.0 Menjaga layar sentuh anda lebih bersih dan lebih bebas noda.


Detachable keyboard 

Detachable laptop generasi baru Zenbook DUO (UX8406) adalah tipe laptop yang antara layar dan keyboard bisa dipisah layaknya sebuah laptop, atau menjadikannya sebagai tablet yang jauh lebih praktis dan modern.sehingga memudahkan laptop ini untuk dibawa bepergian. 


Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, serta penyangga terintegrasi  memungkinkan lima mode penggunaan yang fleksibel. Pengisian dayanya juga dapat dilakukan secara otomatis saat  digunakan pada laptop mode, yaitu ketika keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop maupun saat beralih menggunakan koneksi Bluetooth saat dilepas dari bodinya.  


Performa Tanpa Batas: Prosesor Canggih dan RAM Generous

Salah satu aspek paling menarik dari tren laptop 14 inci saat ini adalah performa tanpa batas yang ditawarkan. Produsen laptop kini semakin fokus pada meningkatkan kecepatan dan efisiensi, terutama dalam hal prosesor dan RAM.


Jika anda termasuk orang yang suka menyimpan berbagai data penting berukuran besar seperti foto, musik, video, hingga film di laptop, maka  Zenbook DUO (UX8406) jawabannya.


Kombinasi RAM 16GB LPDDR5X dan penyimpanan internal sebesar 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. memungkinkan anda menyimpan berbagai data lebih banyak, sekaligus akses file dan waktu booting lebih cepat. Bahkan membuka beberapa game sekaligus di komputer tanpa perlu menutup permainan ketika hendak istirahat dari bermain. LPDDR5 berfokus pada efisiensi energi, sebagaimana yang dibutuhkan dalam berbagai perangkat laptop. Tak hanya itu, LPDDR5 menyediakan mode Deep Sleep Mode untuk mengurangi konsumsi daya hingga 40 persen dari sebelumnya.


Foto, Video, dan Pembuatan Media Lancar Jaya

Artificial Intelegensi atau Al kini banyak disematkan pada laptop premium. Seperti halnya kecerdasan manusia, Laptop bertenaga Al mampu menyelesaikan tugas-tugas berat dengan mudah.


Semua aplikasi dan fitur yang bekerja di laptop Zenbook DUO (UX8406)  ditenagai artificial intelligence. Asus memasang chip Intel Core Ultra 7 155H terbaru dengan Neural Processing Unit untuk memperlancar multitasking. Makin ciamik dengan chip gratis Intel Arc Graphics dan Intel AI Boost, ideal untuk game kasual maupun pembuatan konten.


Makin Cerdas Dengan Windows 11

Windows Office Home and Student 2021 diperuntukkan bagi kalangan pelajar dan keluarga yang menginginkan aplikasi Office klasik, termasuk Word, Excel, dan PowerPoint untuk Windows 11 dan Windows 10.


Windows 11 Home terbaru yang dilengkapi dengan Copilot melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. Windows Copilot ini bisa dibilang lebih dari sekadar fitur chatbot AI lantaran dapat melakukan aktivitas multitasking digital.


Amankan Data Pribadi Dari Kejahatan Cyber

Maraknya teknologi dewasa ini, dibarengi dengan kejahatan cyber yang kian hari kian tak terbendung, salah satunya pencurian data pribadi.


ASUS Zenbook DUO UX8406 menyematkan Windows Hello untuk memastikan bahwa data dan informasi penting pengguna tetap aman dan terlindungi. Windows Hello khusus dirancang untuk mampu mendeteksi dan mengenali wajah manusia dengan sangat presisi. Bahkan, tidak bisa ditipu menggunakan foto. Sementara, data biometrik sensor sidik jari, pengenal wajah atau pemindaian bola mata pengguna akan lebih sulit dan nyaris mustahil untuk dicuri dan diduplikasi. Jadi, dengan Windows Hello jelas hanya pengguna saja yang bisa mengakses perangkat laptopnya.


Baterai Awet, Kinerja Makin Sweet

Daya baterai sangat berpengaruh pada kinerja kita saat beraktifitas baik di ruangan maupun  perjalanan. Baterai dengan kapasitas tinggi, mampu menyimpan lebih banyak daya sehingga   laptop dapat difungsikan tanpa harus mencari colokan listrik setiap beberapa jam.


ASUS membekali  Zenbook DUO (UX8406) dengan baterai 4 cell Li-ion 75 WHrs. Laptop ini juga dilengkapi dengan manajemen daya yang cerdas. Artinya, laptop  dapat mengidentifikasi aplikasi atau proses yang sedang berjalan dan mengoptimalkan penggunaan daya secara dinamis. Ketika Anda sedang melakukan tugas-tugas ringan seperti menjelajah web atau menulis dokumen, laptop akan mengurangi konsumsi daya untuk memperpanjang masa pakai baterai.


teknologi Fast Charge mempercepat daya pengisian hingga  mencapai 60% hanya dalam waktu 49 menit saja. Sangat cepat untuk ukuran laptop yang dengan baterai berkapasitas besar.


Begitupun 2 x Thunderbolt™ 4 USB-C® yang  membuat pengisian daya baterai semakin cepat.  Untuk transfer data  USB 3.2 Gen 1 Type-A bisa diandalkan, kecepatan nya mencapai 40 Gbps.


Port dan Konektivitas nirkabel 

Zenbook Duo (UX8406) termasuk salah satu laptop yang memiliki beragam konektivitas input-output. 

Port yang terdapat pada laptop ini, yaitu Audio Jack, HDMI® 2.1 (TMDS), USB 3.2 Gen 1 Type-A, dan 2 x Thunderbolt™ 4 USB-C®. Port yang lengkap seperti ini akan memudahkan pengguna karena tidak perlu menambahkan port lagi untuk menghubungkan perangkat eksternal ke laptop.


Sementara itu, untuk konektivitas berbasis internet menggunakan WiFi 6E 802.11ax Dual band 2*2 yang memungkinkan perangkat terhubung dengan jaringan WIFi 6GHz dengan bandwith lebih kencang. Tersedia juga Bluetooth 5.3 Wireless untuk kemudahan sambungan nirkabel dengan perangkat lain seperti mouse atau headphone


Audio Makin Menggelegar

ASUS juga melengkapi dukungan fitur yang Anda butuhkan pada Zenbook 14 OLED UX3405 seperti Smart Amplifier dan ASUS Audio Booster dengan Dolby Atmos. Pada fitur super-linear audio yang lebih powerful tersebut, ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) telah mengantongi sertifikasi Harman Kardon. Audio yang ditata ulang dengan Dolby Atmos dapat memberikan kejernihan dan detail suara maksimal seperti berada di sekeliling pengguna. 


Teknologi Thermal, Kinerja tetap Optimal

ASUS Zenbook DUO memiliki Teknologi Thermal: Advanced Cooling System yang akan menjaga komponen laptop agar tidak overheat. 


Cara kerja sistem ini yaitu memaksimalkan pendinginan komponen agar lebih maksimal dan efektif dengan menambahkan penyebar panas antara motherboard dan panel OLED. Hal ini memungkinkan CPU dan GPU bekerja pada TDP gabungan hingga 35 W, tanpa pembatasan.


Berkat adanya sistem pendingin ini, pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas bersama ASUS Zenbook DUO tanpa perlu khawatir akan mengalami hang, lemost, atau tidak responsif. 


Fitur Dukungan Pelanggan MyAsus

Fungsi aplikasi MyAsus yang sangat bermanfaat bagi pengguna produk laptop Asus menurut Laptophia adalah Dukungan Pelanggan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghibungi Asus untuk mendapatkan dukungan atau melakukan reservasi pertanyaan dan cek lokasi ASC (Asus Service Center). Selain itu, pengguna juga dapat informasi tambahan dari forum tanya jawab. ketika di klik, maka pengguna akan dibawa ke forum laman Dukungan dan FAQ di website resmi Asus.



Pengguna dapat menghubungi Asus dengan klik Hubungi Asus, kemudian memilih kategori produk yang digunakan. Aplikasi MyAsus menampilkan jam konsultasi atau live chat masing-masing kategori produk. Pengguna juga dapat menghubungi Asus melalui Hotline maupun email melalui shortcut yang juga tersedia di MyAsus.


Harga Asus Zenbook Duo (UX8406) 2024

Bagi yang berminat dengan laptop dua layar dari Asus ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp33.999.000. Memiliki masa garansi global selama dua tahun dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty,


Asus Zenbook Duo (UX8406): Masa Depan yang Cerah

Laptop Asus Zenbook Duo (UX8406) bukan hanya sekadar tren sementara. Ini adalah pandangan ke depan ke masa depan disaat mobilitas, kreatifitas dan produktivitas saling berhimpitan dengan waktu. Maka kebutuhan akan sebuah Laptop canggih, yang selalu up grade dengan kebutuhan jaman akan selalu dinanti pecintanya.


Main Spec.

Zenbook DUO (UX8406MA)

CPU

Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel® AI Boost NPU

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

Graphics

Intel® Arc™ Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Weight

1.39 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Price

Rp33.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty


Kontak ASUS Indonesia

https://www.asus.com/id/ 


Artikel ini diikutkan lomba blog dari Kang Didno dan Asus Indonesia dengan tema Asus Zenbook Duo (UX8406) Blog Competition. 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.