Berkat Teknologi, Milenial Kian Mudah Berinvestasi Saham dan Reksadana




Revolusi Industri 4.0 dengan segala kecanggihan teknologi yang dibawanya harus diakui telah mengubah kondisi persaingan di masa sekarang, memunculkan cyber-physical-system, Internet of Thing (IoT), Big Data, dan aneka layanan yang memanfaatkan teknologi. Begitu pula dalam bidang keuangan atau finansial technology mengalami
perkembangan yang cukup signifikan.

Financial Technology sendiri merupakan bentuk inovasi teknologi dalam layanan transaksi keuangan. Financial technology juga dapat diartikan sebagai penerapan teknologi dalam sistem keuangan sehingga dapat menghasilkan layanan serta model bisnis yang canggih, selain itu financial technology juga memberikan kelancaran, keamanan, serta efisiensi dalam kehidupan sehari-hari. 

Berkat teknologi pula, kegiatan investasi di pasar modal menjadi lebih mudah dilakukan oleh siapa pun. Kini, investasi bisa dilakukan secara online melalui proses yang mudah dan cepat dengan pemantauan hasil investasi secara real time. Kemudahan berinvestasi di era digital juga menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya masyarakat milenial untuk mengelola keuangan mereka baik di masa kini maupun di masa mendatang.

Sebagai informasi, investasi adalah penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang untuk memperoleh manfaatnya dikemudian hari. Melakukan investasi pada dasarnya sama dengan menabung. Kita akan mendapatkan keuntungan setelah beberapa waktu tertentu. 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan jika berinvestasi secara online:

Praktis, mudah, dan lebih menghemat waktu

Dengan memanfaatkan platform digital, tentunya kita tidak perlu repot mengunjungi kantor perusahaan sekuritas atau bank untuk membuka rekening investasi. Selain praktis, hal ini tentu sangat memudahkan dan menghemat waktu serta biaya

Tidak butuh modal besar

Saat ini, modal investasi online sangat terjangkau, bahkan pada beberapa penyedia platform investasi di pasar modal dapat membeli reksa dana mulai dari Rp 10 ribu saja!

Informasi lebih jelas, transparan, dan dapat dicek secara berkala

Melalui platform digital, kita dapat mengecek kondisi dan pergerakan kinerja investasi secara real time tanpa meninggalkan pekerjaan utama.

Singkatnya, pemanfaatan teknologi telah menjadikan beragam aktivitas menjadi lebih bermakna dan memudahkan, mengedepankan efisiensi dan efektifitas. Kecerdasan digital dengan pemanfaatan teknologi online telah mendisrupsi peradaban manusia dan ekonomi. Disrupsi disini tidak hanya bermakna fenomena perubahan hari ini (today change) tetapi juga mencerminkan makna fenomena perubahan hari esok (the future change).

Sepakat yah, kecerdasan digital seyogyanya dapat terus diarahkan pada upaya mengembangkan kematangan dalam Digital Citizenship, yakni kemampuan kita untuk menggunakan teknologi digital dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan etis.

Pilih Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Pertimbangannya

Dunia yang berkembang dengan sangat dinamis menimbulkan berbagai ketidakpastian. Situasi pandemi beberapa waktu lalu membuktikan bahwa setiap orang harus mempersiapkan tabungan, dana darurat, atau investasi yang setidaknya bisa mendukung perekonomian dalam beberapa waktu ke depan. 

Survei yang dirilis oleh Global Entrepreneurship Monitor tahun 2020 mengungkapkan bahwa 80 persen responden Indonesia berusia 18-64 tahun kehilangan pendapatan rumah tangga pada tingkat makro akibat pandemi. Pada akhirnya, investasi tidak lagi dipandang sebagai gaya hidup, tapi harus dilihat sebagai kewajiban dan kebutuhan.

Apalagi jika investasi dimulai dari usia muda, tentu masih mempunyai banyak waktu untuk memulai investasi sehingga mendapatkan keuntungan yang berlipat dimasa depan. Semakin banyak waktu untuk berinvestasi, kedepannya juga semakin tenang dalam menghadapi dunia yang cepat mengalami perubahan dan ketidakpastian.


Berikut 5 Alasan Investasi Penting Dimiliki Setiap Orang

1. Meningkatkan Nilai Aset
Bagi setiap orang yang melakukan investasi, sudah dapat dipastikan bahwa berinvestasi akan meningkatkan nilai aset dan juga nilai kekayaan. Yang dimaksud dengan aset di sini tidak selalu dalam bentuk properti, karena uang yang  disimpan sebagai dana investasi juga terhitung sebagai aset.

2. Meraih Kebebasan Finansial
Salah satu tujuan dari investasi yaitu untuk mencapai kebebasan finansial. Kebebasan finansial merupakan kondisi dimana orang tidak perlu lagi bekerja keras di masa tua untuk mendapatkan uang karena sudah memiliki harta yang cukup untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga.

3. Mempersiapkan Diri Untuk Masa Depan yang Cemerlang
Memiliki masa depan yang cemerlang tentu saja menjadi impian semua orang. Untuk mencapainya salah satunya adalah dengan melakukan investasi sejak dini. Berinvestasi sedari muda tentu akan membantu untuk hidup nyaman di kemudian hari.

4. Latihan Disiplin Dalam Mengelola Kondisi Finansial
Membiasakan diri untuk melakukan investasi akan membantu  mengelola kondisi keuangan pribadi, mana yang lebih penting, dan mana yang tidak terlalu diperlukan.

5. Membantu Negara Terhindar Dari Inflasi
Inflasi merupakan kondisi meningkatnya harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi ini akan melemahkan daya beli masyarakat. Dengan berinvestasi, setidaknya sudah membantu negara menekan persentase inflasi.

Sedangkan dari sisi pilihan produk, ada berbagai macam instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan. Saham dan reksadana merupakan jenis investasi yang turut mendapat perhatian lebih dalam proses investasi terutama bagi investor pemula. Dari sini ada hal yang paling mendasar yang harus diketahui, yaitu cara kerja kedua produk investasi saham dan reksadana yang berbeda.



Saat investasi saham, itu artinya investor memiliki bagian kepemilikan di salah satu perusahaan. Saham akan memberikan dividen yang akan dibayarkan setiap kuartal atau tahunan sesuai besarnya persentase saham yang dimiliki investor dari total keseluruhan saham perusahaan.

Bukan hanya itu saja, saham dapat menghasilkan keuntungan saat dijual kembali ke pasar saham. Saat harga beli lebih rendah daripada harga jual, maka itulah margin keuntungan yang akan didapatkan. Kekurangannya, ketika investor membeli saham dari sebuah perusahaan, maka investasi atau aset hanya akan ditempatkan di satu perusahaan.

Contohnya, apabila investor memiliki 5 persen saham di perusahaan Google, maka investor berhak atas 5 persen dari total keseluruhan aset Google. Hak milik perusahaan beserta keuntungan yang didapatkan ini berwujud dividen (pendapatan perusahaan yang besarnya ditetapkan oleh direksi dalam rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para penanam saham).

Tapi, tidak semua perusahaan menyediakan atau menerbitkan saham. Calon investor hanya bisa membeli saham yang dikeluarkan oleh perusahaan terbuka. Biasanya perusahaan yang mengubah statusnya menjadi terbuka (go public) membutuhkan dana tambahan dan mencarinya lewat pasar modal.

Sementara itu, reksadana adalah instrumen investasi lain yang cukup berbeda dengan saham. Merujuk pada Undang-Undang Pasar Modal (UU PM) No. 8 Tahun 1995, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke portofolio efek oleh Manajer Investasi. Rudiyanto dalam buku Reksa Dana: Pahami, Nikmati, reksadana adalah produk dari perusahaan yang masuk dalam kategori pasar modal yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga bisa melakukan kegiatan penghimpun dana dari masyarakat.

Dalam reksadana, investasi atau aset investor akan didiversifikasikan, atau dipecah ke dalam beberapa instrumen dan diletakkan di lebih dari satu perusahaan. Sehingga, ketika nilai saham di sebuah perusahaan turun, maka nilai dana yang diinvestasikan tidak lantas turun. Investasi akan tetap aman karena investor masih memiliki investasi yang ditempatkan di instrumen atau perusahaan lainnya oleh manajer investasi.

Singkatnya, apabila investor membelanjakan sejumlah dana yang dimiliki untuk membeli reksadana, maka investor telah mempercayakan dana tersebut untuk dialokasikan kepada berbagai macam instrumen investasi yang tersedia seperti saham, obligasi atau sekuritas lainnya. Uang yang ada dalam instrumen reksadana merupakan dana gabungan dari beberapa investor. Pengelolaan reksadana ini tidak dilakukan oleh investor sendiri, tapi oleh pihak yang memahami seluk beluk investasi atau disebut dengan Manajer Investasi.

Produk investasi reksadana sangat cocok bagi para investor yang memiliki banyak keterbatasan, seperti waktu terbatas, dana terbatas, informasi terbatas, dan pengetahuan investasi yang terbatas. di samping itu, instrumen ini juga mampu mengurangi risiko investasi karena disebarkan pada berbagai produk investasi. Tetapi bukan berarti reksadana bebas risiko. Untuk itu, calon investor tetap perlu mempelajari berbagai risiko produk reksadana ini.

Manfaat Investasi Digital Untuk Milenial

Kabar baiknya, investasi saat sekarang menjadi trend baru milenial dalam mengelola keuangannya. Hal ini setidaknya ditunjukan dari data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), yang mencatat populasi kalangan muda, yakni yang berusia di bawah 30 tahun, yang ternyata mendominasi jumlah investor pasar modal.

Seperti kita tahu, kaum milenial adalah generasi digital savvy atau akrab dengan dunia digital, sehingga ketika mereka ingin memulai berinvestasi dapat dilakukan dengan sangat mudah hanya melalui gadget ditangan, dan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia pada platform digital terpercaya. Demikian, Seiring dengan pertumbuhan yang dialami populasi milenial, baik dalam produktivitas maupun usia, mereka perlu untuk mulai mencari cara menginvestasikan uang mereka. Harapannya, melalui investasi, mereka akan memperoleh kebebasan finansial dalam jangka panjang, daripada sekedar membelanjakan uang sekedar untuk hura-hura tapi masa tua merana, nggak banget kan?

https://m.bisnis.com/

Sementara, survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) terhadap 1.939 responden, menunjukkan beragam alasan mengapa kaum milenial getol berinvestasi. Mempersiapkan masa depan dan mengelola uang "nganggur" menjadi alasan terbanyak responden berumur 15 - 38 tahun. Sementara generasi X atau yang berusaia 39 - 54 tahun menjadikan persiapan dana pensiun sebagai alasan utama berinvestasi.


Dengan kemajuan digital dan informasi saat ini membuat milenial bisa berinvestasi  hanya dari rumah saja. Hal ini tentu menjadi solusi dan kemudahan bagi masyarakat terlebih bagi kaum zaman now untuk berinvestasi secara online melalui platform aplikasi digital terpercaya tanpa meninggalkan pekerjaan utama.

SFAST, Platform Digital Investasi Terpercaya


Seperti penjelasan di atas, dengan berinvestasi akan banyak kemudahan yang kita rasakan dikemudian hari. Investasi, juga bisa mengamankan aset pribadi agar tak tergerus inflasi. Tujuan akhirnya, investasi adalah kelimpahan materi karena profit yang didapatkan.

Dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam menggapai impian dan tujuan keuangannya. PT Surya Fajar Sekuritas atau SF Sekuritas menghadirkan  SFAST 
(aplikasi investasi dan saham online Automated System Trading) yang aman, friendly, terpercaya, profesional.

Sebagai informasi, Fajar Sekuritas atau SF Sekuritas adalah perusahaan terbuka yang bergerak di bidang investasi dan konsultasi manajemen. Bagian dari grup usaha PT Surya Fajar Capital Tbk ini sudah tercatat di BEI sehingga aksi korporasi wajib mengikuti aturan-aturan yang berlaku di pasar modal. Berikut keunggulan SFast yang dapat menjadi pilihan investor dalam berinvestasi :

Keamanan Terjamin
SFAST adalah aplikasi investasi saham dan reksadana online yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) & Bursa Efek Indonesia serts memiliki izin pialang saham melalui SK OJK No. KEP-64/D.04/2018 dan izin penjamin emisi melalui SK OJK No. KEP-42/D.04/2019, sehingga dipastikan legalitas dan keamanan dari aplikasi ini pun sangat terjamin. Aplikasi SFAST bisa diunduh melalui Google Play Store.

Terpercaya
SF Sekuritas merupakan bagian dari group usaha PT Surya Fajar Capital Tbk (SF Capital), sebuah perusahaan terbuka yang bergerak di bidang investasi dan konsultasi manajemen dan tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Setiap aksi korporasi dari SF Capital maupun anak usahanya dapat dipantau dan wajib mengikuti aturan yang berlaku di pasar modal.

User-Friendly 
Tim SFAST merancang aplikasi sedemikian rupa sehingga mampu memudahkan, menjawab, dan menghadirkan solusi bagi investor atau pemegang saham. Sehingga investor dan trader merasa puas dan senang dalam bertransaksi saham dan reksadana.

Dukungan Berpengalaman!
SF Sekuritas diisi oleh manajemen profesional yang telah memiliki pengalaman panjang dan rekam jejak yang meyakinkan di dunia keuangan, khususnya investasi dan pasar modal. 

Kesimpulan

Investasi merupakan salah satu cara yang dapat melindungi dari asset kekayaan yang nilainya tidak tergerus oleh inflasi. Masyarakat sudah saatnya melek akan investasi karena investasi penting untuk kehidupan di masa depan. Dengan kehadiran teknologi yang memudahkan investasi maka investasi itu makin mudah dijangkau untuk semua kalangan, termasuk milenial yang memang sudah melek teknologi.

Namun demikian, dalam memilih investasi pada saat ini tentu sangat perlu hati- hati dan waspada agar tidak terjebak dengan investasi bodong. Sebelum melakukan investasi ada baiknya pelajari jenis dan kerugian yang akan di dapatkan, kemudian pahami kredibilitas platformnya dengan membaca review dan mendiskusikannya dengan ahlinya atau orang yang sudah berpengalaman. Selanjutnya, pahami cara kerjanya. Terakhir, sesuaikan dengan kebutuhan kita dan pastikan pula terjamin keamanannya, seperti platform digital SFast, platform digital investasi terpercaya. Dengan demikian, berinvestasi dapat dilakukan dengan aman, mudah dan nyaman.


Referensi



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.